Jerman Hajar Italia 5-2

Tim nasional Jerman memetik kemenangan telak di matchday 4 Grup 3 UEFA Nations League A 2022/2023 pada Rabu, 15 Juni 2022 dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri di Borussia-Park, Der Panzer melibas tamunya Italia dengan skor mencolok, 5-2.

Jerman sebenarnya mampu mencatatkan keunggulan 5-2, sebelum Italia mencuri dua gol di 15 menit akhir pertandingan.

Liga gol tuan rumah dicetak oleh Joshua Kimmich di menit ke-10, Ilkay Gundogan di menit ke-45+4, Thomas Muller di menit ke-51, dan sepasang gol dari Timo Werner di menit ke-68 dan 69.

Sepasang gol hiburan Gli Azzurri dicetak oleh Wilfried Gnonto di menit ke-78 dan Alessandro Bastoni di menit ke-90+4.

Tambahan tiga angka, Jerman kini berada di posisi kedua dengan enam poin dari empat pertandingan, unggul satu poin dari Italia di posisi ketiga. Posisi puncak grup ini ditempati Hongaria dengan tujuh angka. Sementara itu, Inggris menempati posisi buncit dengan dua poin dari empat laga.

“Sayang sekali mengakhiri pertandingan dengan hasil seperti ini, tapi Jerman bagus dan kami tahu itu. Kami memberi mereka terlalu banyak ruang di babak pertama,” beber Roberto Mancini.

Pelatih asal Italia itu mengakui timnya sebenarnya melakukan sejumlah hasl baik, walau hasil akhir tidak berpihak pada mereka.

“Kami (sebenarnya) juga melakukan hal-hal baik meskipun hasilnya tidak. Namun, semuanya masih terbuka.”
Pelatih asal Italia itu menegaskan dirinya di laga itu memainkan sejumlah pemain debutan. Mereka juga memiliki empat atau lima peluang.

“Malam ini kami kembali memainkan beberapa debutan, kami juga punya empat atau lima peluang, tapi Jerman memang lebih baik.”

Mancini tetap positif di balik hasil minor tersebut. Menurutnya, persaingan di grup masih terbuka.

“Terlepas dari hasil akhirnya, masih tetap ada hal-hal bagus tapi tentu saja ini disayangkan. Persaingan di grup masih terbuka. Ada kesalahan-kesalahan karena kami tidak bertahan dengan baik sebagai sebuah unit.”

Baginya selalu ada akibat dari setiap keputusan yang idambil.

“Risiko selalu ada dan hasil ini tetap tidak melunturkan apa yang ada sebelumnya. Bakal ada momen-momen baik dan buruk, (persaingan) masih terbuka, dan kita lihat apa yang akan terjadi pada bulan September nanti.”

Susunan pemain Jerman versus Italia:

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Lukas Klostermann, Niklas Sule (87′ Jonathan Tah), Antonio Rudiger, David Raum; Ilkay Gundogan (88′ Anton Stach), Joshua Kimmich; Jonas Hofmann (64′ Serge Gnabry), Thomas Muller (75′ Jamal Musiala), Leroy Sane; Timo Werner (75′ Lukas Nmecha).

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Gianluca Mancini (78′ Gianluca Scamacca), Alessandro Bastoni, Leandro Spinazzola (65′ Federico Dimarco); Davide Frattesi (46′ Gianluca Caprari), Bryan Cristante, Nicolo Barella; Matteo Politano (44′ Luiz Felipe), Giacomo Raspadori (46′ Giorgio Scalvini), Wilfried Gnonto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *