Yang Diwaspadai Southgate Saat Inggris Hadapi Spanyol di Final Euro 2024

Tim nasional Inggris dan timnas Spanyol akan beradu di final Euro 2024 yang akan digelar di Olympiastadion, Berlin, Jerman pada Senin, 15 Juli 2024 dini hari WIB.

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate mengatakan pihaknya sungguh mewaspadai Spanyol, tim yang tampil meyakinkan sejak pertandingan pertama.

Ia mengakui La Furia Roja adalah tim yang sangat bagus terutama dalam penguasaan bola.

“Tidak sesederhana kita menguasai bola dan membuat mereka berlari,” beber Southgate.

Lebih lanjut, Southgate mengatakan untuk mengimbangi Spanyol mereka harus tampil bagus.

“Mereka menekan dengan sangat baik sehingga kami harus tampil luar biasa saat menguasai bola dan kami harus menjadi luar biasa tanpa bola. Ini adalah final jadi Anda mengharapkannya seperti itu. Mereka adalah tim terbaik. Kami mulai menunjukkan versi diri kami yang lebih baik.”

Inggris tentu tidak mau membuang kesempatan kedua berlaga di final dalam dua edisi beruntun. Setelah gagal pada edisi sebelumnya atas Italia, Harry Kane dan kawan-kawan tentu ingin menggapai klimaks.

Perjalanan Spanyol ke final pun meyakinkan. Mereka berhasil mengandaskan favorit juara lainnya yakni Prancis. Sementara Inggris harus terlibat duel sengit menghadapi Belanda.

Tim Matador juga diuntungkan dengan waktu istirahat lebih lama.

“Hari tambahan itu menjadi perhatian, dalam beberapa turnamen terakhir hal itu menjadi masalah bagi para finalis. Kami harus melakukan yang terbaik yang kami bisa untuk memulihkan pemain sebaik yang kami bisa.”

Meski begitu, Southgate optimis dengan peluang timnya. Ia menilai timnya terus menunjukkan perkembangan bagus.

“Kami tidak akan berada di tempat latihan, itu sederhana. Kami akan menjalani berbagai hal atau menyampaikan sesuatu dalam pertemuan, hal yang sama terjadi pada pertandingan ini, namun kami berada di sana dan dengan apa yang telah kami tunjukkan. Sampai saat ini, kami mempunyai peluang yang sama besarnya dengan mereka.”

Dukungan bagi Inggris juga datang dari pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman. Ia yakin Inggris bisa menggapai podium juara.

“Ini sepak bola. Jika Anda menonton semua pertandingan tim nasional Spanyol, mereka lebih menyerang dengan pemain sayap dan bermain dari belakang dan posisi bola dan Anda harus menghentikannya,” ungkap Koeman.

Mantan pemain timnas Belanda itu menilai dalam sepak bola segala sesuatu bisa terjadi. Ia yakin The Three Lions bisa membalikkan berbagai prediksi yang menjagokan Spanyol.

“Tetapi Inggris berada di final dan mempunyai kemungkinan untuk memenangkannya. Mungkin dari luar karena Spanyol bermain di level tinggi. Mereka favorit, tapi Inggris bisa menghentikan mereka, kenapa tidak.”

Lantas, bagaimana prediksi Anda? Apakah sepakat dengan Koeman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *