Tekuk Austria, Turki Hadapi Belanda di Perempat Final Euro 2024

Tim nasional Turki tampil luar biasa di babak 16 besar Euro 2024 saat menghadapi timnas Austria di Red Bull Arena, Leipzig, pada Rabu, 3 Juli 2024 dini hari WIB.

Turki sukses memenangi pertandingan itu dengan skor 2-1.

Sepasang gol Turki dicetak oleh Merih Demiral. Sementara itu, gol tunggal Austria dicetak oleh pemain pengganti Michael Gregoritsch.

Kemenangan ini mengantar turki ke babak delapan besar. Turki akan bertarung dengan Belanda untuk memperebutkan satu tiket ke babak semifinal.

Kekalahan ini tentu membuat kubu Austria kecewa. Sebagaimana dikatakan sang pelatih, Ralf Rangnick usai pertandingan.

“Kami tidak memiliki keberuntungan yang diperlukan,” beber Rangnick.

Ia menyayangkan mereka gagal memaksa hasil imbang di waktu normal yang mana bila pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu mereka memiliki kans menang.

“Saya yakin jika pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu, kami akan memiliki peluang untuk menang, Turki cukup kelelahan menjelang akhir pertandingan, tetapi kami memiliki keunggulan fisik.”

Ada sejumlah catatan di balik hasil minor ini. Mantan juru taktik Manchester United itu menyoroti aspek pertahanan timnya yang kurang optimal yang berujung gol bagi Turki.

“Kami tidak mencetak cukup banyak gol, tidak cukup banyak peluang dan bola mati, kami tidak bertahan dengan baik.”

“Untuk gol kedua, kami memiliki tiga pemain yang sangat bagus dalam sundulan, tetapi Demiral tetap mencetak gol, dan jika Anda tertinggal dua gol, itu tidak mudah.”

Setelah tertinggal dua gol, ia menyadari situasi menjadi semakin sulit. Tidak mudah bagi mereka untuk mengejar ketertinggalan, apalagi membalikkan keadaan.

“Jika Anda tertinggal dua gol, maka segalanya menjadi tidak mudah. Tim sudah mencoba segalanya.”

Ia sebenarnya ingin membawa Austria terbang tinggi di pentas Eropa kali ini. Namun, apa daya, hasil di lapangan pertandingan tidak sesuai harapan.

“Saya tidak percaya bahwa kami akan pulang hari ini. Kami berpikir bahwa kami akan melanjutkan perjalanan kami di sini,” pungkasnya.

Susunan pemain timnas Austria versus timnas Turki:

Austria: Patrick Pentz; Stefan Posch, Kevin Danso, Philipp Lienhart (Maximilian Wober 64′), Philipp Mwene (Alexander Prass 46′); Nicolas Seiwald, Marcel Sabitzer; Konrad Laimer (Florian Grillitsch 64′), Christoph Baumgartner, Romano Schmid (Michael Gregoritsch 46′); Marko Arnautovic.

Pelatih: Ralf Rangnick.

Turki: Mert Gunok; Mert Muldur, Abdulkerim Bardakci, Merih Demiral, Ferdi Kadioglu; Ismail Yuksek (Salih Ozcan 58′), Kaan Ayhan; Baris Alper Yilmaz, Orkun Kokcu (Irfan Kahveci 83′), Kenan Yildiz (Kerem Akturkoglu 78′); Arda Guler (Okay Yokuslu 78′).

Pelatih: Vincenzo Montella.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *