Singkirkan Kanada 2-0, Argentina ke Final Copa America 2024

Tim nasional Argentina belum terbendung. Tim Tango berhasil menggapai final Copa America 2024 usai menyingkirkan tim kuda hitam kali ini yakni Kanada.

Pertandingan yang digelar di MetLife Stadium pada Rabu, 10 Juli 2024 pagi WIB berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan La Albiceleste.

Sepasang gol Argentina dicetak oleh Julian Alvarez memaksimalkan umpan terobosan Rodrigo De Paul di menit ke-22 dan gol Lionel Messi di menit ke-51 setelah terjadi kemelut di mulut gawang Kanada.

Kemenangan ini mengantar Argentina ke partai pemungkas. Argentina akan menghadapi pemenangan antara Kolombia versus Ekuador.

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni begitu memaksimalkan sumber daya pemain yang dimiliki termasuk para pemain senior.

Messi dan Angel Di Maria diberi kesempatan bermain sejak awal untuk melengkapi formasi 4-3-3.

Secara keseluruhan Argentina begitu dominan. Namun, Kanada tidak tinggal diam. Tim kuda hitam ini terus memberi perlawanan.

Namun, upaya Kanada untuk membuat kejutan menjadi semakin sulit setelah dalam kondisi tertinggal dua gol harus kehilangan sang kapten, Alphonso Davies. Davies harus ditarik keluar sejak menit ke-69 karena mendapat tekel dari Montiel.

Pelatih Lionel Scaloni senang dengan hasil ini. Ia juga memberikan komentar terkait level turnamen Copa America dan Euro yang saat ini berjalan berbarengan.

Scaloni mengatakan kedua kompetisi itu sama-sama penting dan memiliki level tersendiri.

“Saya tidak berpikir satu kompetisi lebih sulit dari yang lain. Tim-tim penting telah mencapai semifinal Piala Eropa, tim-tim yang telah kami hadapi di Piala Dunia dan kami melakukannya dengan baik. Namun itu tidak berarti kami bisa pergi ke Piala Eropa dan memenangkannya,” beber Scaloni.

Dalam nada bercanda ia meminta tim-tim Eropa untuk merasakan atmosfer Copa America, begitu juga sebaliknya.

“Saya ingin beberapa tim Eropa diundang ke Copa America sehingga mereka dapat melihat bagaimana rasanya bermain di sini. Saya juga akan melakukan sebaliknya, tim Amerika Selatan bisa berkompetisi di Euro. Itu sudah menjadi Piala Dunia haha….”

Susunan pemain timnas Argentina versus timnas Kanada:

Timnas Argentina (4-3-3): E. Martinez; Montiel, Romero, Lisandro Martinez, Tagliafico; E. Fernandez, Mac Allister, De Paul; Messi, Alvarez, Di Maria.

Pelatih: Lionel Scaloni.

Timnas Kanada (4-4-2): Crepeau; Johnston, Bombito, Cornelius, Alphonso Davies; Laryea, Kone, Eustaquio, Shaffelburg; Larin, Jonathan David.

Pelatih: Jesse Marsch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *