Neuer Blunder, Jerman Comeback Atas Yunani di Pemanasan Jelang Euro 2024

Tim nasional Jerman nyaris menelan pil pahit saat menghadapi timnas Yunani di laga uji coba internasional yang berlangsung di Borria-Park pada Sabtu, 8 Juni 2024 dini hari WIB.

Der Panzer menang dengan skor tipis 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dahulu.

Sepasan gol tuan rumah dicetak oleh Kai Havertz di menit ke-55 menuntaskan umpan akurat Leroy Sane dan Pascal Gross yang mencetak gol menentu di menit ke-89.

Yunani bermain baik di babak pertama yang terbukti dengan gol pembuka di menit ke-33 melalui aksi Giorgos Masouras.

Pertandingan ini tentu menjadi modal bagi Jerman untuk menghadapi putaran final Euro 2024 yang akan berlangsung di kandang sendiri. Jerman tentu mengusung target juara di hadapan pendukung mereka.

Di pertandingan ini, penampilan kiper Manuel Neuer mendapat sorotan usai melakukan blunder. Namun, ia mendapat pembelaan dari sang pelatih Julian Nagelsmann.

“Saya percaya padanya. Dia membuat tiga penyelamatan kelas dunia, yang tentu saja tak bisa dilakukan semua orang. Itu bukan akumulasi kesalahan,” tandas Nagelsmann.

Lebih lanjut, pelaith berusia 36 tahun itu mengakui dirinya sangat mempercayai kiper gaek tersebut dan tidak akan peduli dengan sorotan media.
“Saya sama sekali tak peduli dengan apa yang dibahas oleh media,” tandasnya.

Jerman sesungguhnya masih memiliki banyak kiper top seperti Marc-Andre Ter Stegen. Kiper Barcelona itu tentu ingin menjadi starter dan mendapat menit bermain yang cukup bersama Jerman.

Ini bukan sebuah situasi yang menyenangkan. Keputusan pelatih toh harus diterima dan dihormati, sekalipun aku tidak setuju dengan dia. Aku mencoba berada di level terbaik untuk menunjukkan penampilanku,” tandas Ter Stegen.

Lebih lanjut, Ter Stegen mengatakan dirinya ingin menjadi bagian dari skuad Jerman di turnamen penting seperti Euro 2024.

“Sudah pasti ini adalah sebuah turnamen yang penting. Aku akan ingin sekali bermain, bukan rahasia lagi. Kurasa aku punya banyak sekali argumentasi yang menguntungkanku. Itulah mengapa ini bukan keputusan yang mudah buat si pelatih, tapi aku harus menerimanya,” pungkasnya.

Susunan pemain timnas Jerman versus timnas Yunani:

JERMAN (4-2-3-1): Neuer; Mittelstadt, Tah, Rudiger, Kimmich; Kroos, Andrich; Wirtz, Gundogan, Musiala; Havertz

Subs: Raum, Gross, Fullkrug, Schlotterbeck, Sane, Henrichs

Pelatih: Julian Nagelsmann

YUNANI (4-2-3-1): Vlachodimos; Giannoulis, Hatzdiakos, Mavropanos, Rota; Mantalis, Siopis; Tzolis, Bakasetas, Masouras; Ioannidis

Subs: Bouchalakis, Kourbelis, Pavlidis, Athanasiadis, Douvikas

Pelatih: Papadopoulos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *