Manchester City Kunci Gelar Premier League Keempat Kali Secara Beruntun

Manchester City akhirnya keluar sebagai pemenang Premier League 2023/2024 setelah di partai pemungkas sukses mengalahkan West Ham United dengan skor 3-1.

Kemenangan di kandang sendiri di Etihad Stadium pada Minggu, 19 Mei 2024 itu memastikan City menjadi tim pertama dalam sejarah sepak bola Inggris yang empat kali secara beruntun menjadi jawara liga.

Tambahan tiga poin terakhir membuat koleksi poin City menjadi 91. Jumlah poin itu tak bisa dilampaui pesaing terdekat yakni Arsenal dengan dua gol lebih sedikit meski di pertandingan terakhir berakhir menang atas Everton.

West Ham pun harus puas finis di posisi kesembilan musim ini dengan Raihan total 52 angka.

Pelatih City, Pep Guardiola senang dengan pencapaian timnya. Namun, ia tak menampik dirinya bakal mengikuti jejak Jurgen Klopp yang baru saja mengakhiri periode kepelatihannya bersama Liverpool.

“Kenyataannya adalah saya lebih dekat untuk pergi daripada bertahan,” tandas Guardiola.

Pelatih asal Spanyol itu mengakui dirinya sudah berbicara dengan petinggi klub. Saat ini, ia masih ingin menikmati kebersamaan dengan The Citizen. Namun, ia tak bisa memastikan apa yang akan terjadi ke depan.

“Kami telah berbicara dengan klub, perasaan saya adalah saya ingin bertahan sekarang. Saya akan bertahan musim depan dan selama musim ini kami akan berbicara, apakah durasinya delapan atau sembilan tahun, kita lihat saja nanti.”

Terkait pencapaian musim ini, ia menegaskan hal tersebut merupakan hasil kerja tim, bukan semata-mata karena perannya sebagai pelatih.

“Banyak pekerjaan, saya tidak mengatakan saya manajer yang buruk tetapi saya mendapat dukungan luar biasa dari klub.”

Ia salut dengan etos kerja dan mentalitas para pemain Manchester Biru.

“Kami memiliki etos kerja ini, semua orang melakukan pekerjaan mereka dan setiap bagian sangat penting. Ini adalah kebenaran dan kenyataan.”

Ia tak lupa memberikan kredit kepada Arsenal yang harus puas di posisi kedua.

“Bagi Arsenal telah mendorong kami ke tingkat yang lebih tinggi [sebelumnya adalah Liverpool] dan dua musim terakhir adalah Arsenal. Yang satu ini sangat luar biasa. Kami mendapatkan pesannya, kami tahu mereka akan berada di sana selama bertahun-tahun.”

Mantan pelatih Barcelona itu memuji kontribusi dan kemampuan Mikel Arteta menangani Arsenal.

“Mereka memiliki manajer muda dengan talenta besar, mereka mengirimkan pesan kepada kami bahwa Anda harus berhati-hati untuk beberapa tahun ke depan.”

Susunan pemain Manchester City versus West Ham:

Man City: Stefan Ortega; Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji (Nathan Ake 71′), Josko Gvardiol; Rodri; Jeremy Doku, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Phil Foden (Mateo Kovacic 90′); Erling Haaland.

Pelatih: Pep Guardiola.

West Ham: Alphonse Areola; Kurt Zouma, Konstantinos Mavropanos, Aaron Cresswell; Vladimir Coufal, James Ward-Prowse, Tomas Soucek, Emerson (Edson Alvarez 71′); Mohammed Kudus, Michail Antonio (George Earthy 81′), Lucas Paqueta (Danny Ings 86′).

Pelatih: David Moyes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *