Kemenangan Mengejutkan FC Porto Atas Arsenal di Leg Pertama 16 Besar Liga Champions 2023/2024

FC Porto secara mengejutkan berhasil meraih kemenangan atas Arsenal di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2023/2024. Bermain di kandang sendiri di Estadio do Dragao pada Kamis, 22 Februari 2024 dini hari WIB, tuan rumah Porto menang satu gol tanpa balas.

Gol tunggal kemenangan tuan rumah dicetak oleh Galeno. Gol ini tercipta di penghujung laga, tepatnya di menit ke-90+4.

Menerima bola dari tengah lapangan, Galeno merangsek ke pertahanan The Gunners lalu melepaskan tembakan jarak jauh melengkung yang berhasil mengoyak gawang tim tamu.

Berkat kemenangan tipis ini Porto memiliki modal bagus menghadapi pertandingan leg kedua yang akan digelar di kandang Arsenal, dua pekan mendatang.

Sementara itu, Meriam London harus memaksimalkan laga kandang di Emirates Stadium untuk mengejar defisit satu gol.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mengevaluasi penampilan timnya usai pertandingan. Ia mengatakan tidak cukup bagi mereka dengan hanya mendominasi pertandingan.

“Jelas kami harus membuat permainan lebih baik lagi, kami tidak bisa menang dengan cara kami menguasai bola dalam tiga kesempatan di area pertahanan yang dalam, itu tidak cukup baik,” beber Arteta.

Pelatih asal Spanyol itu mengatakan tidak ada pilihan lain untuk meraih tiket perempat final selain mengalahkan Porto di kandang nanti.

“Jika Anda ingin berada di perempat final, Anda harus mengalahkan lawan Anda dan inilah yang harus kami lakukan di Emirates sekarang.”

Ia menilai penampilan mereka di leg pertama terlihat kurang agresif terutama saat berada di pertahanan lawan.

“Kami kurang mengancam. Kami kurang agresif, terutama dengan bola di sepertiga akhir. Kami seharusnya bisa melakukan lebih baik lagi.”

Di sisi lain, mantan asisten Pep Guardiola itu mengapresiasi penampilan Porto yang bermain solid dan memiliki organisasi permainan yang bagus.

“Saya pikir mereka adalah tim yang sangat terorganisir secara defensif dan mereka selalu mematahkan ritme permainan Anda.”

Ia pun sudah memikirkan apa yang harus mereka lakukan di pertemuan kedua nanti.

“Ada beberapa hal yang harus kami lakukan dengan lebih baik, kami tahu apa yang akan terjadi [di leg kedua]. Kami bahkan tidak bisa menyentuh siapa pun karena semuanya berupa tendangan bebas.”

Arsenal akan belajar dari kekalahan di pertandingan eprtama agar bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk melakukan misi “balas dendam” di kandang sendiri.

“Kami akan belajar dari hal tersebut, mempersiapkan diri dengan lebih baik, dan pergi serta melakukannya,” tutupnya.

Susunan pemain FC Porto versus Arsenal:

PORTO (4-2-3-1): Costa; Wendell, Otavio, Pepe, Mario; Gonzalez, Varela; Galeno, Aquino, Conceicao; Evanilson

Pelatih: Sergeio Conceicao

ARSENAL (4-3-3): Raya; Kiwior, Magalhaes, Saliba, White; Havertz, Rice, Odegaard; Martinelli, Saka, Trossard

Pelatih: Mikel Arteta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *