Italia Bernapas Lega Usai Imbangi Kroasia, Lolos 16 Besar Euro 2024 sebagai Runner Up

Tim nasional Italia akhirnya bisa bernapas lega. Gli Azzurri berhasil menghindarkan diri dari kekalahan saat menghadapi kroasia di matchday terakhir Grup B Euro 2024.

Pertandingan yang digelar di Leipzig Stadium pada Selasa, 25 Juni 2024 dini hari WIB berakhir dengan skor 1-1.

Kroasia lebih dahulu membuka keunggulan melalui gelandang senior Luka Modric di menit ke-55.

Perjuangan Italia untuk menyamakan kedudukan berbuah manis di penghujung laga setelah Mattia Zaccagni mencetak gol penyeimbang di menit ke-90+8.

Hasil imbang ini membuat Italia finis di posisi kedua Grup B dengan empat poin dan berhak mendampingi Spanyol ke babak 16 besar.

Apes bagi Kroasia, harus menunggu nasib untuk lolos dari jalur peringkat tiga terbaik.

Pelatih Italia, Luciani Spalletti mengakui tidak mudah bagi timnya untuk meraih poin kontra Kroasia.

“Ketika pertandingan ditentukan seperti ini di menit-menit akhir, semuanya menjadi lebih emosional, karena tidak ada yang percaya lagi, tetapi para pemain percaya,” tandas Spalletti.

Pria asal Italia itu senang dengan mentalitas para pemainnya yang terus berjuang untuk meraih poin.

“Mereka tetap berpikir jernih, mengambil risiko yang sangat kecil meski hanya memiliki tiga pemain bertahan di lapangan.”

Ia pun memberikan apresiasi kepada para pemain Italia yang sudah mendapat poin penting sehingga bisa melaku ke fase grup.

“Saya hanya bisa mengucapkan selamat kepada mereka atas reaksi mereka dan mengatasi formasi menyerang seperti itu di atas lapangan.”

Ia mengakui performa timnya tidak konsisten sepanjang pertandingan.

“Tidak dapat disangkal, kami berada di bawah level kami yang biasanya di babak pertama. Jika kami tidak menciptakan banyak peluang, kami tidak akan mencetak banyak gol.”

Terkait persaingan di grup, Spalletti mengakui tidak mudah. Spanyol adalah tim yang bagus, begitu juga Kroasia.

“Kami layak untuk lolos malam ini dalam hal apa yang kami hasilkan di sana. Sangat sulit untuk lolos dari grup ini. Spanyol sangat brilian, Kroasia juga luar biasa,” tutup Spalletti.

Susunan pemain Kroasia versus Italia:

KROASIA (4-3-3): Livakovic; Gvardiol, Pongracic, Sutalo, Stanisic; Kovacic (70′ Ivanusec), Brozovic, Modric (80′ Majer); Sucic (70′ Perisic), Pasalic (46′ Budimir), Kramaric (90′ Juranovic)

Pelatih: Zlatko Dalic

ITALIA (3-4-1-2): Donnarumma; Calafiori, Bastoni, Darmian (81′ Zaccagni); Dimarco (57′ Chiesa), Jorginho (81′ Fagioli), Barella, Di Lorenzo; Pellegrini (46′ Frattesi); Raspadori (75′ Scamacca), Retegui

Pelatih: Luciano Spalletti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *