Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Shin Tae-yong: Kami Tidak Akan Mudah Menyerah

Tim nasional Indonesia baru saja mengukir prestasi. Pertama kali lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia dengan format baru.

Kepastian ini ditentukan setelah mengukir kemenangan atas Filipina di pertandingan terakhir penyisihan Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa, 11 Juni 2024 malam WIB.

Skuad Garuda menang dengan skor 2-0 sekaligus memastikan mendampingi Irak ke putaran selanjutnya.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan tidak mudah bagi timnya untuk menjinakkan Filipina. Indonesia sempat kesulitan di awal-awal pertandingan. Namun, berkat kerja keras dan semangat pantang menyerah, akhirnya Indonesia bisa memecah kebuntuan.

“Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga jualifikasi Piala Dunia 2026,” beber Shin Tae-yong melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, ia mengingatkan para pemain agar mempersiapkan diri lebih baik karena akan menghadapi persaingan yang jauh lebih ketat di putaran ketiga.

Indonesia berpeluang menghadapi tim-tim kuat dari Asia seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya.

Ia menyadari dibandingkan para raksasa, Indonesia merupakan tim paling lemah.

“Memang kami sudah lolos ke ronde tiga, dan tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi tim kami berada di ranking 134. Jadi bisa dibilang kita tim yang paling lemah.”

Namun demikian, ia tidak ingin para pemain Indonesia kehilangan optimisme. Ia akan memberikan suntikan semangat dan kepercayaan diri kepada para pemain agar siap bertarung maksimal.

“Tapi saya akan tetap berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin (di putaran tiga),” pungkas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Tidak mudah bagi Indonesia untuk menembus dan mencetak gol ke gawang Filipina di awal babak pertama. Indonesia baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-32.

Berawal dari umpan Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye pun melepaskan tembakan jarak jauh akurat yang berhasil merobek gawang Filipina.

Indonesia menambah keunggulan di menit ke-56 setelah umpan tendangan bebas Nathan berhasil disambut Rizky Ridho dengan tandukan mematikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *