Gasak Timor Leste 6-2, Timnas U-19 Indonesia Mantap ke Semifinal ASEAN U-19 Boys Championship

Tim nasional U-19 Indonesia berhasil memetik kemenangan di pertandingan terakhir penyisihan Grup A ASEAN U-19 Boys Championship 2024 saat menghadapi timnas U-19 Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Selasa, 23 Juli 2024 malam WIB.

Garuda Nusantara menang dengan skor telak  6-2.

Enam gol tuan rumah dicetak oleh Jens Raven yang mencetak brace alias sepasang gol, lalu satu gol masing-masing dari Figo Dennis, Kadek Arel, Arkhan Kaka, dan Muhammad Kafiatur.

Sementara itu, Timor Leste memperkecil kedudukan melalui penalti Ricardo Rorinho dan gol Alecandro Bakhito.

Kemenangan ini memantapkan Indonesia sebagai pemuncak Grup A dan lolos ke semifinal dengan catatan sempurna.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan hasil ini tentu patut disyukuri. Namun, ia tidak ingin para pemain Indonesia jemawa.

“Pertama tentu kita syukuri, tiga match kita meraih sembilan poin, tapi tentu menghadapi semifinal kita harus bayak melakukan beberapa perbaikan,” beber Indra Sjafri melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, pelatih asal Sumatera Barat itu mengatakan tiga pertandingan di fase grup mematangkan skema tim untuk menghadapi laga hidup mati di semifinal.

“Yang jelas, fase grup ini untuk mencari skuad terbaik. Alhamdulillah dari tiga pertandingan sudah kita lihat penampilan 23 pemain, minus satu kiper,” sambungnya.

Lawan di semifinal tentu berat, antara Thailand atau Malaysia. Ia berharap dengan waktu istirahat empat hari bisa membantu Indonesia untuk tetap “on fire” dalam perebutan tiket final.

“Ini nanti kita punya waktu empat hari persiapan untuk semifinal. Siapapun itu nanti apakah kalau gak salah kita harus berhadapan dengan juara Grup C, apakah itu nanti Thailand atau Malaysia, kita siap-siap saja.”

Terkait kedua tim, Indra mengatakan dirinya sudah sering bersua Thailand. Namun, tidak demikian Malaysia.

“Iya kita akan lihat pastinya nanti kita akan lawan siapa. Kalau lawan Thailand kan terakhir kita di SEA Games, saya cukup sering lawan Thailand, yang agak jarang itu lawan Malaysia. Jadi kita tunggu nanti siapa yang akan kita lawan, setelah itu kita respons bagaimana merespon mereka.”

Susunan pemain timnas U-19 Indonesia versus timnas U-19 Timor Leste:

Timnas Indonesia U-19: Ikram Algiffari; Kadek Arel Priyatna, Muhammad Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky, Alexandro Felix Kamuru Rizdjar Nurviat; Welber Jardim, Figo Dennis, Muhammad Kafiatur; Jens Raven, Muhammad Ragil.

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Timor Leste U-19: Alexandre Oscar; Rui Juman, Carol Waitilia, Aureo Viera, Ricardo Rorinho; Palomito Antonio, Leonio Quilton, Marques de Carvalho; Alexandro Bahkito, Vabio Canavaro, Ario Melio

Pelatih: Eduardo Pereira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *