Gagal ke Final Usai Dibekuk Australia, Timnas U-16 Rebut Peringakt Ketiga ASEAN U-16 Boys Championships 2024

Tim nasional U-16 Indonesia mengakhiri pertarungan di ajang ASEAN U-16 Boys Championship 2024 di posisi ketiga.

Skuad Garuda Muda merebut tempat ketiga usai mengalahkan timnas U-16 Vietnam lima gol tanpa balas pada pertandingan yang digelar di Stadion Manahan, Solo pada Rabu, 3 Juli 2024.

Lima gol tuan rumah dicetak oleh Muhammad Zahaby Gholy di menit ke-45 dan 78, Dafa Zaidan di menit ke-45+4, dan sepasang gol lainnya dari Daniel Alfrido di emnit ke-75 dan 82.

Kemenangan ini sekaligus menjadi pelipur lara usai gagal ke final setelah dikandanskan timnas Australia.

Meski gagal ke final, pelatih Indonesia, Nova Arianto mengaku bersyukur timnya bisa meraih kemenangan untuk mengamankan posisi ketiga.

“Pastinya laga ini tidak mudah bagi kami, apalagi recovery tim hanya satu hari. Anak-anak mampu memberikan permainan terbaik dan bermain sesuai dengan skema yang kami inginkan,” tandas Nova Arianto melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, mantan pemain timnas Indonesia itu memberikan apresiasi kepada para pemain yang sudah berjuang maksimal.

Setelah ini, mereka akan menghadapi agensi Kualifikasi Piala AFC U-17 2025 yang dijadwalkan pada Oktober nanti.

“Terimakasih dan apresiasi untuk seluruh pemain atas kemenangan ini. Setelah ini saya berpesan untuk seluruh pemain jangan berpuas diri karena masih ada event selanjutnya yakni kualifikasi Piala AFC U-17 2025 bulan Oktober mendatang dan tentunya karier mereka masih panjang.”

Tantangan bakal makin sulit. Sebab, Indonesia tergabung di grup berat yang dihuni Kuwait, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara.

“Tentu setelah ini kami akan persiapan ke Kualifikasi Piala AFC U-17 2025 mendatang. Road map program pemusatan latihan menuju turnamen tersebut sudah kami dan PSSI siapkan termasuk program uji coba internasional nantinya. Untuk pemain, tentu kami juga masih mencari pemain-pemain untuk tambahan skuad ini dengan kualitas yang kami inginkan.”

Muhammad Zahaby Gholy yang menjadi pemain terbaik di laga ini mengaku senang dengan hasil tersebut

. Ia juga memohon maaf karena hanya bisa mempersembahkan posisi ketiga.

Alhamdulillah kami meraih kemenangan dan mendapat tempat ketiga turnamen ini. Bersyukur dapat mencetak dua gol dan mohon maaf kami belum bisa meraih juara pada ajang ini. Tentunya setelah ini kami akan fokus ke Kualifikasi Piala AFC U-17 2025 karena kami ingin lolos putaran final turnamen tersebut dan ingin masuk Piala Dunia U-17 2025,” beber Muhammad Gholy.

Sebelumya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memuji para pemain Indonesia yang bisa mengimbangi Australia meski harus bermain dengan 10 pemain sejak babak pertama. Indonesia malah mampu membuka keunggulan lebih dahulu.

Indonesia kalah dengan skor tipis 3-5 dari Australia. Australia menghadapi Thailand di partai puncak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *