Fiorentina Gagal Lagi, Takluk dari Olympiakos di Final UEFA Europa Conference League 2023/2024

Asa Fiorentina mewujudkan harapan menjadi kampiun UEFA Europa Conference League 2023/2024 kembali pupus. Kegagalan tahun lalu berulang kembali.

Kali ini, di partai final klub asal Italia itu takluk dari wakil Yunani, Olympiakos pada pertandingan yang digelar di Agia Sophia Stadium, Athena, pada Kamis, 30 Mei 2024 dini hari WIB.

Duel tersebut berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Olympiakos.

Gol tunggal kemenangan tuan rumah dicetak oleh Ayoub El Kaabi di masa extra time kedua.

Gol di menit ke-116 itu menyambut umpan rekan setim dengan tandukan mematikan tanpa bisa digagalkan kiper Fiorentina.

Ini menjadi sejarah tersendiri bagi Olympiakos yang pertama kali merasakan manisnya trofi di level Eropa.

Jelas kubu Fiorentina kecewa dengan hasil tersebut. Sebagaimana diutarakan sang pelatih, Vincenzo Italia seusai laga.

“Kami benar-benar percaya kali ini. Itu menyakitkan,” tandas Italiano.

Sang pelatih mengaku mereka harus kecewa untuk kedua kalinya. Baginya, kekecewaan kali ini lebih mendalam.

“Ini mengecewakan untuk kedua kalinya. Mengecewakan karena sekali lagi kami memiliki banyak situasi untuk mencetak gol, tetapi para pemain melakukan semua yang mereka bisa.

“Sangat menyakitkan melihat para pemain saya menangis. Kami sangat yakin kali ini kami bisa mendapatkan sebuah episode yang berbeda dari musim ini.”

Dalam dua tahun terakhir, Fiorentina sesungguhnya berpeluang meraih gelar. Namun, dua kali kandas di final kompetisi Eropa dan sekali kalah di final Coppa Italia musim lalu dari Inter Milan.

“Kekalahan itu menyakitkan; melangkah jauh selama dua tahun berturut-turut adalah sesuatu yang bagus, tetapi tentu saja Anda harus mengangkat trofi dan kami tidak berhasil melakukannya,” beber Italiano.

Ia mengaku begitu terpukul saat melihat tim lain harus naik ke podium juara.

“Perjalanan ini terasa hancur ketika Anda harus menyaksikan tim lain mengangkat trofi.

“Pada saat ini, saya juga merasa terlalu pahit, kecewa, dikecewakan, karena saya juga sangat yakin kami bisa mendapatkan hasil yang berbeda.”

Terlepas dari itu, Italiano sukses mengantar La Viola tiga kali dalam dua musim terakhir melangkah hingga ke babak final.

Susunan pemain Olympiakos versus Fiorentina:

Olympiakos: Konstantinos Tzolakis; Rodinei, Panagiotis Retsos, David Carmo, Francisco Ortega (Quini 91′); Santiago Hezze, Vicente Iborra; Konstantinos Fortounis (Stevan Jovetic 73′), Chiquinho (Andre Horta 77′), Daniel Podence (Giorgos Masouras 106′), Ayoub El Kaabi.

Pelatih: Jose Luis Mendilibar.

Fiorentina: Pietro Terracciano; Dodo, Lucas Martinez Quarta, Nikola Milenkovic, Cristiano Biraghi (Luca Ranieri 106′); Arthur Melo (Alfred Duncan 74′), Rolando Mandragora; Nicolas Gonzalez (Lucas Beltran 106′), Giacomo Bonaventura (Antonin Barak 82′), Christian Kouame (Jonathan Ikone 82′); Andrea Belotti (M’Bala Nzola 59′).

Pelatih: Vincenzo Italiano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *