Diimbangi Polandia, Prancis ke 16 Besar Euro 2024 sebagai Runner-up

Harapan timnas Prancis untuk mengunci status juara Grup D harus bertepuk sebelah tangan. Sebab, pada pertandingan terakhir penyisihan grup kontra Polandia, Les Bleus harus puas dengan hasil imbang.

Duel yang berlangsung di Signal Iduna Park pada Selasa, 25 Juni 2024 dini hari WIB itu berakhir dengan skor 1-1.

Gol tunggal Prancis dicetak sang bomber sekaligus kapten tim, Kylian Mbappe. Sementara itu, gol tunggal Polandia dicetak oleh Robert Lewandowski.

Tambahan satu angka tak cukup mendongkrak posisi Prancis ke posisi teratas. Prancis pun harus puas lolos ke fase grup sebagai runner-up dengan raihan lima angka.

Dengan hanya meraih satu angka dari tiga pertandingan, Polandia pun harus puas mendekam di dasar klasemen dan angkat koper lebih awal.

Gagal menjadi pemuncak grup jelas membuat kubu Prancis kecewa. Hal ini ditegaskan sang pelatih, Didier Deschamps.

“Kami tidak kecewa. Tentu saja kami ingin di posisi teratas, tapi lihatlah siapa di sana?” tandas Deschamps.

Lebih lanjut, mantan pemain timnas Prancis itu memuji penampilan Polandia terutama penjaga gawang mereka.

“Dia (Skorupski) luar biasa. Dia membuat banyak penyelamatan, dan kami tak bisa memaksimalkan banyak peluang kami.”
Prancis memiliki cukup banyak peluang. Namun, upaya Mbappe dan kawan-kawan selalu mentok di hadapan sang penjaga gawang.

“Kami punya lima peluang di babak perama. Tapi itu bukan soal bagaimana kami memanfaatkan peuang, anda harus memuji kipernya.”

Deschamps menegaskakan setelah lolos dari fase grup mereka akan terus berjuang untuk memaksimalkan laga-laga selanjutnya.

“Kami lolos. Jika lolos, berarti Anda sudah lebih baik dari tim lain. Kami akan memanfaatkannya semaksimal mungkin, dan kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk siapa pun yang kami hadapi selanjutnya.”

Ia mengapresiasi perjuangan para pemain yang sudah berjuang maksimal meski masih jauh dari memuaskan.

“Kami telah lolos, meskipun kami ingin menjadi puncak grup, tetapi kami telah melakukan apa yang perlu kami lakukan. Kami punya banyak peluang, terutama di babak pertama. Pemain terbaik pertandingan adalah penjaga gawang, yang menurut saya menjelaskan segalanya. Tidak ada penyesalan, kami tergabung dalam grup yang tangguh dan solid,” pungkasnya.

Susunan Pemain Prancis versus Polandia:

Timnas Prancis: Mike Maignan; Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernandez, N’Golo Kante, Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot, Ousmane Dembele, Kylian Mbappe, Bradley Barcola

Pelatih: Didier Deschamps

Timnas Polandia: Lukasz Skorupski; Nicola Zalewski, Jakub Kiwior, Pawel Dawidowicz, Jan Bednarek, Przemysław Frankowski, Piotr Zielinski, Jakub Moder, Sebastian Szymanski, Robert Lewandowski, Kacper Urbanski

Pelatih: Michał Probierz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *