Cody Gakpo Gemilang, Belanda Sisihkan Rumania di 16 Besar Euro 2024

Tim nasional Belanda sukses meraih tiket perempat final Euro 2024 usai menyingkirkan timnas Rumania tiga gol tanpa balas pada pertandingan yang digelar di Fussball Arena, Muenchen, Rabu, 3 Juni 2024 WIB.

Bintang kemenangan Der Oranje adalah Cody Gakpo. Pemain muda ini mencetak gol pembuka di babak pertama. Dua gol lainnya disumbangkan Donyell Malen di paruh kedua.

TImnas Belanda akan menghadapi timnas Turki yang mengatasi perlawanan Austria di babak 16 besar.

Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman senang dengan penampilan timnya. Ia berharap para pemain bisa terus menjaga konsistensi dan level permainan hingga akhir turnamen.

“Terkadang sulit untuk menjelaskan mengapa Anda bermain buruk dalam satu pertandingan dan kemudian dapat mencapai level yang tinggi pada pertandingan berikutnya,” tandas Koeman.

Pria asal Belanda itu senang karena mereka bermain agresif dan sangat berbahaya di gawang lawan.

“Kami tampil tajam sejak awal hari ini, dan itu membuat perbedaan. Mungkin, satu hal yang menjadi titik kritis adalah terlalu lama untuk mencetak gol kedua.”

Ia angkat topi dengan penampilan timnya secara keseluruhan. Ia berharap mereka terus melaju dengan syarat mampu menjaga performa baik seperti di laga ini.

“Seluruh performa hari ini luar biasa, dan itulah yang perlu kami lakukan untuk melanjutkan turnamen ini. Ini adalah levelnya. Jika kami gagal dari sini, kami tidak akan mencapai final.”

Patut diakui Belanda bermain jauh lebih baik disbanding saat dikalahkan Austria di babak penyisihan.

“Hasil selalu menjadi hal yang paling penting, tetapi kami orang Belanda dan di Belanda kami harus bermain dengan baik dan ofensif. Kami tahu itu.”

Koeman memiliki memori indah bersama timnas Belanda. Saat menjadi pemain, ia ikut membantu negaranya meraih trofi Piala Eropa yang digelar di Jerman Barat pada 1988 silam.

“Kami memiliki talenta-talenta hebat dalam tim ini. Namun, tentu saja, Anda harus memenangkan sesuatu, kemudian orang-orang bisa mulai membuat perbandingan dengan tahun 1988.”

Ia menyadari persaingan saat ini lebih sulit karena sepak bola lebih mengandalkan fisik, kecepatan, dan teknik sekaligus.

“Namun sekarang lebih sulit, sepak bola telah berubah, lebih mengandalkan fisik, Anda harus cepat dan memiliki teknik yang bagus.”

Susunan pemain timnas Rumania versus timnas Belanda:

Timnas Rumania (4-1-4-1): Nita; Mogos, Burca, Dragusin, Ratiu; M,Marin; Hagi, Stanciu, R.Marin, Man; Dragus

Pelatih: Edward Iordanescu

Timnas Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Ake, van Dijk, de Vrij, Dumfries; Reijnders, Schouten; Gakpo, Simons, Bergwijn; Depay

Pelatih: Ronald Koeman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *