Bekuk Hungaria, Jerman Tim Pertama Lolos 16 Besar Euro 2024

Tim nasional Jerman berhasil memetik kemenangan di pertandingan kedua grup A Euro 2024 saat menghadapi timnas Hungaria.

Tuan rumah menang dua gol tanpa balas sekaligus menjadi tim pertama yang mengunci tiket ke babak 16 besar.

Sepasang gol Die Mannschaft dicetak oleh Jamal Musiala di babak pertama dan Ilkay Gundogan di babak kedua.

Gol pertama di menit ke-22 berawal dari aksi Gundogan yang berhasil merebut bola dari bek Hungaria dan melepaskan umpan pendek akurat kepada Musiala. Dengan tenang, pemain muda itu menaklukkan kiper lawan.

Jerman memperlebar keunggulan di menit ke-67. Gundogan sukses menuntaskan umpan Tarik dengan sambaran mematikan.

Jerman sudah bernapas lega mendapatkan satu tempat di babak knock out. Sementara itu, Hungaria masih terbenam di dasar klasemen sementara.

Di balik kemenangan Jerman, kubu Hungaria melancarkan protes. Sang pelatih, Marco Rossi tidak puas dengan gol pertama Jerman. Menurutnya, sang pengadil pertandingan tidak akurat mengambil keputusan.

Semestinya ada pelanggaran saat Gundogan terlibat kontak dengan Willy Orban. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

“Saya tidak pernah mengeluh dalam karier saya sebagai pelatih. Saya tidak pernah mencari alasan, tetapi apa yang dilakukan wasit malam ini.. maksud saya, ayolah,” tandas Rossi.

Lebih lanjut, Rossi menegaskan wasit Makkelie mengambil keputusan keliru. Pelatih asal Belanda itu seharusnya membatalkan gol pertama tuan rumah.

“Itu adalah sesuatu yang menurut saya sudah jelas, bahkan dari sudut pandang Jerman – wasit memiliki standar ganda. VAR pada level ini tidak mengatakan apa pun,” sambung Marco Rossi.

Secara keseluruhan ia mengakui kedalaman skuad Jerman yang lebih baik dari mereka. Namun, kinerja wasit membuat mereka semakin tersudut.

“Jerman akan menang karena mereka lebih baik dari kami, tetapi wasit adalah yang terburuk di lapangan,” pungkas pelatih asal Italia itu.

Susunan pemain timnas Jerman versus timnas Hungaria:

Timnas Jerman (4-2-3-1): Neuer; Mittelstadt, Tah, Rudiger, Kimmich; Kroos, Andrich; Wirtz, Gundogan, Musiala; Havertz

Pelatih: Julian Nagelsmann

Timnas Hungaria (3-4-2-1): Gulacsi; Dardai, Orban, Fiola; Kerkez, Schafer, Nagy, Bola; Sallai, Szoboszlai; Varga

Pelatih: Marco Rossi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *