Gol Tunggal Firmino Pastikan Liverpool Juara Piala Dunia Antarklub 2019

Liverpool tidak hanya menunjukkan diri sebagai tim terbaik di Eropa. Tim berjuluk The Reds itu pun sukses menahbiskan diri sebagai klub terbaik di dunia. Hal ini ditunjukkan di pentas Piala Dunia Antarklub 2019 yang berlangsung di Doha, Qatar pada Minggu, 22 Desember 2019 dini hari WIB.

Di babak final, Si Merah berhasil membungkam juara Copa Libertadores, Flamengo satu gol tanpa balas. Gol tunggal kemenangan Liverpool dicetak oleh Roberto Firmino di menit ke-99. Gol tunggal ini lebih dari cukup bagi Liverpool untuk menjadi raja dunia.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di laga ini. Sejak menit pertama kedua tim silih berganti mencari kesempatan untuk mencetak gol. Kedua tim pun bergantian menciptakan peluang. Namun hingga babak pertama berakhir skor tetap kaca mata.

Di babak kedua laga semakin menarik. Kedua tim pun tampil lebih terbuka. Tidak ada gol tercipta di waktu normal. Liverpool sukses mencuri kesempatan untuk mencetak gol di babak perpanjangan waktu.

Gol tersebut berawal dari serangan balik cepat. Sodoran yang diberikan Sadio Mane berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh Firmino. Gol pemain asal Brasil itu sekaligus mengunci kemenangan Liverpool.

Bagi Liverpool ini menjadi gelar pertama mereka di pentas Piala Dunia Antarklub. Beberapa tahun lalu, Liverpool pernah tampil di babak final kejuaraan tersebut, namun hasil akhir mereka hanya mampu menjadi runner-up.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyambut positif hasil tersebut. Menurutnya timnya sudah bekerja keras sehingga mampu meraih hasil terbaik. Lebih menarik lagi, gelar juara tersebut diraih setelah melewati berbagai tekanan dan ujian.

“Anak-anak bekerja keras lagi dan mengerahkan performa yang sangat besar. Mereka terus diuji secara konstan, perjalanan kami memang seperti ini,” beber Klopp.

Lebih lanjut mantan pelatih Borussia Dortmund itu mengatakan timnya sudah melewati ujian demi ujian. Timnya masih harus melewati ujian-ujian berikutnya di masa mendatang.

“Pada saat ini, kami melewati ujian demi ujian demi ujian. Kami harus memastikan kami melalui ujian yang akan datang juga,” sambungnya.

Susunan pemain Liverpool versus Flamengo:

Liverpool: 1-Alisson; 4-Virgil van Dijk, 12-Joe Gomez, 66-Trent Alexander-Arnold, 20-Andrew Robertson; 8-Naby Keita (7-James Milner 100′), 14-Jordan Henderson, 15-Alex Oxlade-Chamberlain; 11- Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino (27-Divock Origi 105′), 10- Sadio Mane

Pelatih: Juergen Klopp

Flamengo: 1-Diego Alves; 13-Rafinha, 3-Rodrigo Caio, 4-Pablo Mari, 16-Filipe Luis; 5-Willian Arao, 8-Gerson (29-Lincoln 102′); 27-Bruno Henrique, 7-Everton Ribeiro (10-Diego 82′), 14-Giorgian De Arrascaeta (11-Vitinho 77′); 9-Gabriel Barbosa

Pelatih: Jorge Jesus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *