Gagal ke Final, Timnas U-23 Indonesia Berebut Tiket ke Olimpiade Paris 2024

Langkah spektakuler tim nasional U-23 Indonesia di pentas Piala Asia U-23 2024 harus terhenti di babak semifinal. Skuad Garuda dihadang timnas Uzbekistan dalam perebutan tiket final yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin, 29 April 2024.

Pertandingan ini berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Uzbekistan setelah bermain imbang tanpa gol di paruh pertama.

Gol lawan dicetak oleh Khusain Norchaev di menti ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan di menit ke-86.

Kekalahan ini juga diwarnai kartu merah yang diterima pemain Indonesia.

Meski kalah pencapaian ini patut diapresiasi. Indonesia pertama kali lolos ke babak semifinal level Asia.

Di samping itu, Indonesia masih memiliki peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan syarat menang dalam perebutan posisi ketiga menghadapi salah satu dari Irak atau Jepang.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan timnya. Ia mengatakan lawan memang tampil baik di pertandingan ini.
“Pertama-tama saya mengapresiasi usaha bagus dari tim kami. Saya pikir Uzbekistan bermain dengan baik. Ada sesuatu yang saya merasa sedikit menyayangkan, tapi saya tidak mau menyebutkannya di sini,” tandas Shin Tae-yong usai laga.

Pelatih asal Korea Selatan itu tidak lupa memberikan selamat kepada Uzbekistan dan mengakui lawan memang lebih kuat. Namun, mereka masih memiliki kesempatan tampil di Olimpiade Paris 2024.
“Uzbekistan memang masih lebih kuat. Selamat untuk tim Uzbekistan. Kami masih memiliki kesempatan untuk bermain di Olimpiade, jadi kami harus memiliki persiapan yang baik untuk bisa lolos ke Olimpiade,” sambungnya.

Mantan pelatih timnas U-23 Korea Selatan itu mengakui para pemain Indonesia sempat merasa gugup jelang pertandingan semifinal. Bisa jadi situasi ini membuat para pemain tidak bisa mengerahkan kemampuan terbaiknya.

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, kami merasa sedikit gugup. Mungkin ini mempengaruhi tim sehingga kami tidak bisa bermain sebaik biasanya,” tandasnya.
Indoensia dijadwalkan akan menghadapi Irak dalam perebutan posisi ketiga dan tiket ke Olimpiade pada Kamis, 2 Mei 2024 tengah malam WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Susunan pemain timnas Indonesia versus timnas Uzbekistan:
Timnas  Indonesia: 21-Ernando Ari, 3-Muhammad Ferarri, 5-Rizky Ridho, 6-Ivar Jenner (Ikhsan Zikrak 90+6′), 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman, 9-Ramadhan Sananta (Kelly Sroyer 75′), 10-Justin Hubner, 12-Pratama Arhan (Dony Tri 90+6′), 14-Fajar Fathur (Rio Fahmi 90+6′), 23-Nathan Tjoe-A-On

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Uzbekistan: 1-Abduvakhid Nematov, 3-Zafarmurod Abdirakhmatov, 4-Abdukodir Khusanov, 7-Hojimat Erkinov (Husain Norchaev 45′), 9-Ulugbek Khoshimov (Jasurbek Jaloliddinov 45′), 14-Abbosbek Fayzullaev (Ibrokhimkhalil Yuldoshev 90+1′), 15-Umarali Rakhmonaliev, 16-Rakhimjonov Asadbek (Muhammadqodir Hamraliev 65′), 18-Alibek Davronov, 22-Alisher Odilov (Ruslanbek Jiyanov 71′), 23-Abdurauf Buriev

Pelatih: Timur Kapadze

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *