Pidato Perpisahan Zlatan Ibrahimovic, Umumkan Pensiun dari Sepak Bola

Sepak bola dunia kehilangan Zlatan Ibrahimovic. Pemain senior yang sarat pengalaman ini baru saja memutuskan gantung sepatu.

Di usia 41 tahun itu memutuskan pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya. Ibrahimovic mendapat kesempatan menyampaikan pidato perpisahaan usai laga pekan terakhir Serie A 2022/2023 antara AC Milan versus Hellas Verona.

Dalam laga yang digelar di San Siro pada 5 Juni 2023 dini hari WIB yang berakhir dengan kemenangan tuan rumah AC Milan dengan skor 3-1.

Di laga itu, Ibrahimovic hanya menjadi penonton lantaran masih dibekap cedera. Namun, ia tetap mendapat sambutan luar biasa terutama dari para penggemar Rossoneri.

Ibra tak kuasa menahan air mata saat menyampaikan pidato perpisahan. “Begitu banyak kenangan dan emosi di dalam stadion ini,” tandas Ibrahimovic.

Mantan pemain Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) itu mengaku mendapat perhatian dan cinta di San Siro.

“Pertama kali saya tiba, Anda memberi saya kebahagiaan, kedua kalinya, Anda memberi saya cinta.”

Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak mulai dari keluarga dan orang-orang terdekatnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada keluarga saya dan orang-orang terdekat saya atas kesabaran mereka.”

Lalu para pemain, pelatih, dan staf yang sudah dianggap sebagai keluarga kedua.

“Saya ingin berterima kasih kepada keluarga kedua saya. Para pemain, pelatih, dan stafnya atas kepercayaan yang mereka berikan kepada saya. Saya ingin berterima kasih kepada direktur atas kesempatan yang mereka berikan kepada saya.”

Tidak lupa pula ia mengucapkan apresiasi kepada para penggemar yang dengan tangan terbuka menerima dia sebagai seorang Milanista.

“Terakhir, dari lubuk hati, saya ingin berterima kasih kepada Anda, para penggemar. Anda menyambut saya dengan tangan terbuka dan saya akan menjadi seorang Milanista sepanjang hidup saya.”

Ia mengatakan sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal pada sepak bola tetapi tidak pada klub seperti Milan dan para penggemarnya.

“Sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal pada sepakbola, tetapi tidak untuk Anda. Ini terlalu sulit, terlalu banyak emosi. Forza Milan dan selamat tinggal.”

Ibrahimovic membela Milan dalam dua periode berbeda. Secara keseluruhan ia mengemas 163 caps dan mencetak 93 gol serta membantu tim memenangi dua Scudetto masing-masing musim 2010/2011 dan 2021/2022.

Pensiunnya Ibrahimovic meninggalkan banyak kenangan bagi dunia sepakbola umumnya. Menjadi satu dari sangat sedikit pemain yang aktif bermain hingga lewat kepala empat. Ia menjadi pencetak gol terbanyak bagi Swedia dengan 62 gol dari 121 pertandingan.

Terima kasih Ibrakadabra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *