Indonesia Akui Kemenangan Jepang di Laga Terakhir Grup D Piala Asia 2023

Tim nasional Indonesia harus mengakui keunggulan timnas Jepang di pertandingan terakhir penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Duel kedua tim berakhir dengan skor 3-1.

Tiga gol Samurai Biru dicetak oleh Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner. Pemain yang disebutkan pertama mencetak sepasang gol.

Sementara itu, gol tunggal skuad Garuda dicetak oleh Sandy Walsh di penghujung laga.

Dengan hasil ini, peluang Indonesia ke babak 16 besar semakin tipis. Nasib Indonesia ditentukan oleh hasil pertandingan di grup lain.

Sementara itu, Jepang menemani Irak ke babak knock out sebagai juara dan runner-up grup.

Indonesia harus mengakui dominasi Jepang di pertandingan ini. Dari sisi penguasaan bola, akurasi umpan, hingga peluang, lebih didominasi lawan.

Indonesia dikejutkan oleh gol cepat di awal pertandingan. Menit ketiga, Jepang mendapat hadiah penalti setelah Ayase Ueda dijatuhkan Jordi Amat. Ueda yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya.

Indonesia berusaha menahan gempuran Jepang sepanjang babak pertama. Jepang mendapat momentum mendambah gol setelah keluar dari kamar ganti.

Menit ke-52 Ueda kembali mencatatkan namanya di papan skor usai menuntaskan umpan Tarik Ritsu Doan. Ueda yang berada dalam posisi bebas dengan tenang menaklukkan kiper Indonesia, Ernando Ari.

Jepang kemudian mencetak gol ketiga di menit ke-88. Justin Hubner berupaya menghalau tendangan Ueda, sayangnya bola justru mengarah ke gawang sendiri.

Indonesia mendapat gol hiburan di masa injury time. Umpan panjang Pratama Arhan diteruskan Sandy Walsh dengan akurat tanpa bisa digagalkan kiper Jepang, Zion Suzuki.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali angkat bicara terkait hasil ini. Ia mengatakan tim Indonesia sudah berjuang maksimal.

“Kita sudah lihat bagaimana perjuangan timnas, anak-anak kita saya kira melawan negara dengan peringkat jauh di atas kita, tapi bisa meladeni permainan Jepang,” tandas Amali melansir situs resmi PSSI.

Mantan Menpora itu menyebut perkembangan sudah ditunjukkan Indonesia dari laga ke laga.

“Secara keseluruhan saya melihat bahwa timnas kita semakin baik performanya, apalagi kemarin sudah sampai mengalahkan Vietnam,” sambungnya.

Meski belum bisa memastikan tempat di babak 16 besar, Amali tetap mengapresiasi perjuangan dan optimis dengan masa depan skuad Indonesia.

“Itu saya kira harapan baru buat kita dan ini anak-anak banyak yang akan main untuk Piala Asia U-23, jadi tentu PSSI berharap kita bisa lanjut lagi walaupun nasib kita ditentukan oleh negara lain.”

Susunan pemain Timnas Jepang versus Timnas Indonesia:

Timnas Jepang: 23-Zion Suzuki; 15-Koki Machida, 16-Seiya Maikuma, 19-Yuta Nakayama, 22-Takehiro Tomiyasu (24-Tsuyoshi Watanabe 82’); 6-Wataru Endo, 10-Ritsu Doan, 13-Keito Nakamura (25-Daizen Maeda 69’), 17-Reo Hatate (8-Takumi Minamino 69’), 20-Takefusa Kubo (26-Kaishu Sano 82’); 9-Ayase Ueda.

Pelatih: Hajime Moriyasu.

Timnas Indonesia: 21-Ernando Ari; 2-Yakob Sayuri (8-Witan Sulaeman 54’); 4-Jordi Amat, 5-Rizky Ridho, 6-Sandy Walsh, 12-Pratama Arhan; 25-Justin Hubner, 24-Ivar Jenner; 7-Marselino Ferdinan, 11-Rafael Struick (15-Kambuaya 89’), 10-Egy Maulana Vikri (3-Elkan Baggott 72’).

Pelatih: Shin Tae-yong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *