Fakta Menarik Premier League 2023/2024: Tim Juara, Promosi, Degradasi, dan Penghargaan Individual

Musim Premier League 2023/2024 resmi berakhir. Kompetisi yang bergulir sejak 11 Agustus 2023 tuntas pada 19 mei 2024.

Sejumlah fakta menarik terukir. Mulai dari sang juara, tim-tim yang dipromosi dan didegradasi, serta penerima penghargaan individual.

Gelar juara akhirnya menjadi milik Manchester City yang ditentukan dengan kemenangan 3-1 atas West Ham United di pekan pemungkas.

City menggagalkan asa Arsenal yang meski di pekan terakhir menang dramatis atas Everton, namun harus puas di posisi kedua dengan selisih dua angka.

City keluar sebagai juara dengan koleksi 91 poin. City menjadi tim pertama dalam sejarah sepak bola Inggris, empat kali beruntun menjadi jawara liga.

Berakhirnya kompetisi, maka diketahui pula tim-tim yang akan pentas di Eropa, yang harus turun kasta, dan yang akan naik ke level tertinggi musim depan.

Manchester City, Arsenal, Liverpool, dan Aston Villa akan mewakili Inggris bertarung di Liga Champions Eropa musim berikutnya.

Peringkat kelima akan tampil di Liga Europa. Tim tersebut adalah Tottenham Hotspur.

Sementara itu, peringkat keenam akan berkompetisi di UEFA Conferece League. Posisi keenam mestinya ditempati Chelsea.

Juara Piala FA 2023/2024 akan mendapat satu jatah berlaga di Liga Europa. Menariknya, gelar juara Piala FA akan diperebutkan oleh Manchester United dan Manchester City.

Bila City keluar sebagai juara maka ada perubahan komposisi. Jatah lolos ke Liga Europa akan diberikan kepada klub lain yakni tim peringkat keenam yaitu Chelsea.

Chelsea yang sharusnya berlaga di UEFA Conference League akan bermain di Liga Europa, sementara posisinya akan diberikan kepada tim peringkat ketujuh yakni Newcastle United.

Tiga tim dipastikan terdegradasi ke kasta kedua. Sheffield United, Burnley, dan Luton Town harus turun ke Championship.

Dari arah berbeda, Leicester City menjadi tim pertama yang berlaga di Premier League musim depan usai menjuarai Championship 2023/2024.

Tim kedua adalah Ipswich Town. Sementara slot ketiga akan diperebutkan oleh Leeds United dan Southampton yang akan bertarung di playoff yang akan digelar di Stadion Wembley, London, dalam waktu dekat.

Manchester City menjadi tim yang mengirim sejumlah wakil dalam daftar penghargaan individual. Phil Foden menjadi pemain paling bersinar musim ini sehingga berhak atas predikat Premier League Player of the Season. Status pemain muda paling bersinar jatuh kepada bintang muda Chelsea, Cole Palmer.

Phil Foden juga membawa pulang FWA Footballer of the Year. Sementara itu, sepatu emas jelas menjadi milik Erling Haaland yang membukukan 27 gol sepanjang musim ini.

David Raya yang menjadi tumpuan di bawah mistar gawang Arsenal mendapat penghargaan kiper terbaik alias peraih Golden Gloves.

Penghargaan Individu:

Berikut adalah daftar penghargaan individu Premier League 2023/2024

Premier League Player of the Season: Phil Foden (Man City)

Premier League Young Player of the Season: Cole Palmer (Chelsea)

FWA Footballer of the Year: Phil Foden (Man City)

Golden Boots: Erling Haaland (Man City)

Golden Gloves: David Raya (Arsenal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *