Jens Raven Cetak Gol Tunggal ke Gawang Thailand, Timnas U-19 Indonesia Juara ASEAN U-19 Boy’s Championships 2024

Prestasi ditorehkan skuad tim nasional U-19 Indonesia di panggung ASEAN U-19 Boys Championship 2024. Skuad Garuda Nusantara berhasil keluar sebagai juara setelah di pertandingan final yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, pada awal pekan ini, berhasil mengandaskan Thailand.

Indonesia menang satu gol tanpa balas. Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak oleh jens Raven di awal babak pertama.

Gol di menit ke-18 ini berawal dari skema sepak pojok. Kadek Arel berusaha menyambutnya dengan tandukan. Namun, Jens Revan berhasil menyambambar dengan tendangan akurat yang berhasil menggetarkan gawang Thailand yang dijaga Kittipong.

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri mengaku bersyukur dengan prestasi ini.

“Pertama, saya mengucapkan puji dan syukur kepada Allah, SWT karena tahun kemarin ada medali emas SEA Games 2023, tahun ini 2024, ada Piala AFF U-19. Dan tentu untuk saya, itu menjadi motivasi agar berbuat yang lebih baik lagi,” tandas Indra melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, pria asal Padang, Sumatera Barat itu mempersembahkan gelar tersebut untuk semua pihak yang sudah bekerja keras, terutama para pemain.

“Yang kedua tentu ini trofi dan medali untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang tujuh bulan ya, dari mulai Januari. Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia. Kami sangat yakin,” sambungnya.

Indra kini sudah mengoleksi empat gelar. Namun, ia merendah. Ia mengatakan dirinya berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

“Sebagai anak bangsa yang baik sebagai warga negara Indonesia yang baik. Apapun yang ditugaskan negara lewat PSSI ke saya saya akan kerjakan dengan baik, apapun.”

“Mau Dirtek (Direktur Teknik) kemarin, saya lakukan pekerjaan di Dirtek. Dan sekarang di kepelatihan sampai tahun 2027, Insyaallah saya akan amanah,” tutupnya.

Sementara itu, pahlawan kemenangan Indonesia, Jens Revan tak bisa menyembunyikan kegembiraan karena bisa mengantar Indonesia ke tangga juara.

 “Sangat luar biasa, bisa cetak gol di final, di tengah stadion yang ramai oleh fans ini. Saya bisa menang di hadapan para fans.”

Pemain naturalisasi itu senang karena bisa tampil di turnamen ini dan berkontribusi bagi Indonesia.

“Bisa tampil di turnamen ini dengan baik, lalu menjadi juara, sungguh momen yang sangat emosional bagi saya. Ini adalah turnamen resmi pertama saya bersama Indonesia,” tutupnya.

Indonesia tidak hanya memboyong gelar juara. Tuan rumah juga mendapat dua gelar individual untuk kiper terbaik yang diraih Ikram Algiffari dan pemain terbaik turnamen yang disabet Dony Tri Pamungkas.

Susunan pemain timnas U-19 Indonesia versus timnas U-19 Thailand:

Timnas Thailand U-19 (3-5-2): Kittipong; Jhetsaphat Khuantanom, Singha Marasa, Pakawat Taengoakson; Piyawat Petra, Phongsakon Sangkasopha, Thanakrit Chotmuangpak, Siradanai Phosri, Pikanet Laohawiwat; Thanawut Phochai, Caelan Tanadon Ryan

Pelatih: Emerson Pereira Da Silva

Timnas Indonesia U-19 (3-4-3): Ikram AlGiffari; Muhammad Alfharezzi Buffon, Muhammad Iqbal Gwijangge, Kadek Arel Priyatna; Dony Tri Pamungkas, Muhammad Kafiatur, Welber Jardim, Muhammad Mufli Hidayat; M Riski Afrisal, Jens Raven, Arlyansyah Abdulmannan

Pelatih: Indra Sjafri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *