Walau Lelah, Gregoria Mariska Siap Tampil di Australia Open 2022

Mulai hari ini, Selasa, 15 November 2022 hingga akhir pekan nanti, akan berlangsung turnamen bulutangkis Australia Open 2022 di Sydney. Turnamen level BWF World Tour Super 300 ini menjadi kesempatan bagi para pemain pelapis untuk menambah poin dan memburu total hadiah 180 ribu USD.

Sementara itu, bagi Gregoria Mariska, ini adalah kesempatan baginya untuk mendapat satu tiket ke BWF World Tour Finals 2022. Jorji akan bersaing dengan Nozomi Okuhara untuk mengisi tempat yang ditinggalkan P.V Sindhu. Mantan juara dan pemilik dua medali Olimpiade itu terpaksa mundur lantaran waktu pemulihan cederanya mundur dari perkiraan.

Para pemain pun sudah menggelar latihan, sehari sebelum hari H. Mereka latihan bersama di kawasan Sydney Olympic Park, Sydney pada awal pekan.

“Hari ini kita latihan di Quay Centre yang akan digunakan untuk pertandingan besok. Latihan ini untuk beradaptasi dengan arena, tata lampu, karakter shuttlecock, dan arah angin,” ujar Herli Djaenudin, manajer tim yang juga pelatih tunggal putri melansir situs resmi PBSI.

Quay Centre yang jadi tempat pertandingan turnamen berhadiah total 180 ribu dolar AS ini siap menyediakan fasilitas empat lapangan. Kapasitas jumlah kursi untuk penonton sekitar 3.800. Hari ini tim Indonesia diberi jatah berlatih di tiga lapangan di main hall, masing-masing selama sejam. Selain itu masih bisa menambah latihan di practice hall.

Pemain berganti-ganti berlatih di tiga lapangan yang disediakan tersebut. Mereka berpindah dari lapangan satu ke lapangan lain. Ini agar adaptasi dengan angin dan lampu di setiap lapangan bisa lebih maksimal.

“Latihan ini saya manfaatkan untuk penyesuaian saja. Maklum saya masih jetlag, merasa ngantuk setelah dari tur Eropa. Tidurnya belum normal. Tapi sejauh ini kondisi lapangan oke. Tidak ada angin. Cuma agak silau lampunya,” tutur Gregoria Mariska.

Nada serupa disampaikan Shesar Hiren Rhustavito. Pemain tunggal putra ini memanfaatkan latihan bersama Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata, dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay di main hall untuk beradaptasi dengan arena. Porsinya berupa latihan teknis dengan gim pendek.

Diutarakan pelatih ganda campuran Amon Sunaryo, meskipun hanya sejam, para pemain bisa merasakan suasana arena yang bakal jadi tempat pertandingan. Anak asuhannya, Adnan Maulana, Amri Syahnawi, Winny Oktavina Kandow, dan Nita Violina Marwah pun diharapkan bisa beradaptasi dengan baik.

“Latihan ini untuk penyesuaian saja dengan arena. Semoga pemain bisa cepat beradaptasi dengan baik,” sebut Amon.

Ribka Sugiarto dan para pemain ganda putri berlatih teknik berupa gim tiga lawan tiga. Pemain tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani pun ikut bergabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *