Usai Jadi Pelatih Barcelona, Xavi Ingin Langsung Tancap Gas

Xavi Hernandez tampaknya ingin segera mungkin bekerja sebagai pelatih baru Barcelona. Pria berusia 41 tahun ini dilaporkan akan memimpin sesi latihan pertamanya pada Selasa, 9 November 2021 waktu setempat.

Xavi menegaskan latihan ini diperlukan untuk menghadapi laga debutnya menghadapi Espanyol dalam waktu dekat. Walau tidak diperkuat para pemain yang sedang bertugas membela negaranya, Xavi tetap akan tancap gas.

“Saya ingin menyampaikan gagasan kami sesegera mungkin, dan tampil dan bersaing di laga pertama melawan Espanyol,” beber Xavi.

Mantan pelatih Al-Saad itu mengatakan pertandingan kontra Espanyol sangat penting. Selain untuk meraih poin, pertandingan ini pun sarat unsur emosional. Pasalnya, kedua tim adalah rival sekota.

“Pertandingan itu adalah rivalitas besar untuk fans tradisional Barca. Kami akan bersiap untuk memenangi derby, karena Barca hanya soal menang dan menang. Tim ini tidak pernah menerima hasil imbang dan tidak pernah senang kalau kalah.”

Ia mengakui untuk mengembalikan Barcelona ke jalur positif tidak ada jalan lain selain bekerja keras.

“Kerja keras dan tuntutan besar, itu adalah satu-satunya cara untuk mengembalikan Barca ke kejayaan,” tegasnya.

Kehadiran Xavi di Camp Nou masih menuai banyak komentar. Tidak sedikit yang menganggap ia bisa meniru kesuksesan pendahulunya Pep Guardiola.

Namun, Guardiola mengatakan Xavi tidak perlu menjadi seperti dirinya. Yang perlu Xavi lakukan adalah menjadi dirinya sendiri.

“Saya dulunya bukanlah penerus siapapun, dan Xavi juga tak perlu menjadi penerus saya. Jika Joan Laporta dan para direksi telah menunjuk Xavi, itu karena ada banyak dukungan dan sedikit yang menentang,” beber Guardiola.

Guardiola yang kini menjadi pelatih Manchester City yakin dengan masa depan Xavi bersama Barcelona. Xavi dianggap sudah mengenal klub dan bisa memberikan energi positif.

“Dia sudah mengenal klub dan akan membawa energi positif, melihat bagaimana ia menikmati sepakbola dan juga karena dedikasinya. Dia selalu melihat sisi positif dari banyak hal. Dengan kelas, dedikasi, dan usahanya, saya yakin dia akan memperbaiki situasi di klub saat ini,” tegas Guardiola.

Sesuai jadwal pertandingan kontra Espanyol akan digelar setelah jeda internasional yakni pada Minggu, 21 November 2021 dini hari WIB.

Saat ini Barcelona berada di papan tengah, tepatnya di posisi kesembilan dengan raihan total 17 poin dari 12 pertandingan. Barca tertinggal 10 angka dari Real Madrid di posisi kedua. Posisi puncak LaLiga saat ini ditempati Real Sociedad dengan tabungan total 28 angka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *