Timnas U-20 Indonesia Takluk 0-6 dari Timnas U-20 Prancis

Tim nasional U-20 Indonesia mendapat pelajaran penting dari timnas U-20 Prancis saat keduanya bertemu di Pinatar Arena, Spanyol pada Jumat, 18 November 2022 dini hari WIB.

Kekalahan telak enam gol tanpa balas memang menyesakkan. Tetapi skuad Garuda Muda harus mengakui keunggulan lawan yang memang memiliki sejarah dan kualitas pemain muda yang patut diperhitungkan.

Enam gol kemenangan Prancis dibagi rata di kedua babak. Tiga gol pertama dicetak oleh Andy Diouf saat laga baru berjalan empat menit, disusul Alexis Tibidi di menit ke-11, dan Matthias Abline di menit ke-39.

Tiga gol lainnya dilesatkan di paruh kedua oleh Abline di menit ke-65, Martine Adeline di menit ke-77, dan Lamine Cisse di menit ke-90+2.

Ini menjadi bagian dari rangkaian laga uji coba timnas muda Indonesia yang tengah menjalani pemusatan latihan di Eropa. Dalam agenda, armada Shin Tae-yong akan berhadapan dengan timnas U-20 Prancis dan timnas U-20 Slovakia di ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week.

Pelatih Indonesia memang kecewa. Pria asal Korea Selatan itu mengakui para pemainnya harus menjalani agenda yang padat dan sungguh menguras fisik.

“Memang setelah TC di Turki kita pindah ke Spanyol memang sangat capek. Jadi kondisinya belum pulih kelihatannya,” beber Shin Tae-yong.

Sejak hijrah dari Turki, Indonesia baru menjalani sekali latihan di Spanyol. Tidak mengherankan bila para pemain Indonesia belum bisa mengeluarkan kemampuan terbaik.

“Jadi (mereka) tidak bisa menunjukkan yang terbaik, saya kecewa,” tegas Shin Tae-yong.

Hasil ini tidak membuat Indonesia patah semangat. Shin Tae-yong menegaskan akan melakukan evaluasi mengingat banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan di laga itu.

“Kita juga harus mengevaluasi, karena kita sendiri banyak kesalahan. Jadi itu jadi alasan mengapa kita kemasukan gol,” pungkasnya.

Susunan Pemain Timnas U-20 Indonesia versus Timnas U-20 Prancis:

Timnas U-20 Indonesia (4-3-3): Cahya Supriyadi; Justin Hubner, Frenky Missa, Muhammad Ferarri, Muhammad Dzaki; Ivar Jenner, Ronaldo Kwateh, Arkhan Fikri; Zanadin Fariz, Marselino Ferdinan, Hokky Caraka.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas U-20 Prancis (4-3-3): Yann Leonard; Junior Mwanga, Tanguy Zoukrou, Jordan Semedo, Brayann Pereira; Abdoulla Ba, Florent da Silva, Andy Diouf; Tibidi Alexis, Loum Tchaouna, Matthis Abline.

Pelatih: Landy Chauvin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *