Tekuk Genk, Liverpool ke Puncak Grup E Liga Champions

Liverpool sukses memetik kemenangan di matchday keempat Liga Champions Eropa. Tampil di Grup E, The Reds sukses mempecundangi Genk. Pertandingan yang digelar di Stadion Anfield, Selasa, 5 November 2019 waktu setempat atau Rabu dini hari WIB dimenangi tuan rumah Liverpool dengan skor 2-1.

Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Georginio Wijnaldum di menit ke-15 dan Alex Oxlade-Chamberlain di menit ke-53. Sementara itu satu-satunya gol tim tamu dicetak oleh Mbwana Samatta di menit ke-40.

Kemenangan ini sangat berarti bagi The Reds. Tambahan tiga poin mengantar mereka ke puncak klasemen Grup E dengan raihan total sembilan poin dari empat pertandingan, unggul satu angka dari Borussa Dortmund yang pada waktu bersamaan sukses membungkam Inter Milan. Sementara itu kekalahan ini membuat Genk tak beranjak dari dasar klasemen dengan raihan total satu poin dari empat pertandingan, berjarak tiga angka dari Inter Milan di urutan ketiga.

Sebagai tuan rumah Liverpool tampil mendominasi di pertandingan ini. Sejak menit awal tim besutan pelatih Jurgen Klopp langsung menekan pertahanan tim tamu. Beberapa peluang emas diperoleh di babak pertama sebelum Wijnaldum membuka keunggulan di menit ke-15 usai menuntaskan kerja sama Nabi Keita, Divock Origi, dan James Milner.

Gol ini membuat Liverpool semakin mendominasi laga. Namun Liverpool dikejutkan oleh gol penyama kedudukan Mbwana Samatta lima menit sebelum babak pertama usai. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga kedua tim ke ruang ganti.

Di babak kedua tuan rumah semakin meningkatkan intensitas serangan. Dari beberapa upaya yang dilakukan, Liverpool baru bisa menambah gol di menit ke-53. Giliran Chamberlain yang mencatatkan namanya di papan skor usai menuntaskan umpan pendek Mohamed Salah. Gol ini sekaligus menjadi pembeda di laga ini.

Selanjutnya Liverpool akan menghadapi tim kuat lainnya di matchday keenam pada akhir November. Lawan dimaksud adalah Napoli.

Kubu Liverpool tetap menyambut baik hasil tersebut meski hanya mencatatkan kemenangan tipis. Sebagaimana dikatakan sang pelatih, Jurgen Klopp, bagi mereka yang terpenting adalah bisa memenangi pertandingan.

“Yang terpenting adalah kami menang dan tidak ada yang cedera. Ya terima saja hasilnya seperti ini karena kami tidak bisa memanfaatkan peluang yang seharusnya kami bisa tuntaskan. Hal ini membuat laga tetap menarik dan Genk tetap bersemangat,” beber Klopp.

“Kami memuncaki grup, tapi kami ingin jadi juara grup di matchday akhir. Kami punya dua laga sulit. Semakin lama laga berjalan, maka tim lawan akan mendapat momentum. Ali membuat penyelamatan bagus. Yang terpenting kami memang, tapi belum ada yang pasti di grup ini,” lanjut mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Susunan pemain Liverpool versus Genk:

Liverpool (4-3-3): 1-Alisson; 66-Trent Alexander-Arnold, 12-Joe Gomez, 4-Virgil van Dijk, 7-James Milner; 5-Gini Wijnaldum, 3-Fabinho, 8-Naby Keita; 11-Mohamed Salah, 15-Alex-Oxlade Chamberlain, 27-Divock Origi.

Pelatih: Juergen Klopp

Genk (3-5-2): 28-Gaetan Coucke; 46-Carlos Cuesta, 6-Sebastian Dewaest, 33-Jhon Lucumi; 31-Joakim Maehle, 17-Patrik Hrosovsky, 25-Sander Berge, 8-Bryan Heynen, 2-Casper de Norre; 7-Junya Ito, 10-Mbwana Samata.

Pelatih: Felice Mazzu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *