Tanpa Penonton di Stadion Bisa Buat Laga Lebih Seimbang

Saat ini sejumlah kompetisi sepak bola di Eropa yang akan bergulir lagi pasca terhenti tersebab wabah Corona atau Covid-19 berencana untuk menerapkan kebijakan untuk menyelenggarakan pertandingan secara tertutup. Para pemain tidak diperkenankan untuk datang ke stadion. Mereka hanya boleh mendukung tim kesayangannya dari rumah masing-masing.

Ternyata rencana ini mendapat tanggapan positif. Salah satunya datang dari pemain tengah Villarreal, Santi Cazorla. Menurutnya laga yang digelar secara tertutup akan berpengaruh pada keseimbangan permainan.

Tanpa penonton menurutnya akan membuat laga-laga berjalan lebih seimbang. Ia mengatakan hal ini dengan berkaca pada kompetisi Bundesliga Jerman yang sudah bergulir beberapa pekan lalu.

“Melihat sepakbola di Jerman sebagai contoh, kami melihat pertandingan yang sangat terbuka. Tim lebih kuat ketika mereka bermain kandang di depan penggemar mereka sendiri,” bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam situasi seperti ini membuat pertandingan berjalan relatif seimbang. Sementara itu peluang untuk memenangi pertandingan juga tergantung pada seberapa siap sebuah tim beradaptasi dengan kondisi tersebut.

Ia pun berharap timnya mampu beradaptasi dengan situasi ini dan mampu memaksimalkan kesempatan untuk meraih poin sebanyak mungkin di sisa pertandingan musim ini.

“Ketika para penggemar tidak ada di sana, pertandingan kelihatan lebih seimbang. Tim yang paling baik beradaptasi dengan kondisi baru akan mengambil poin terbanyak. Semoga Villarreal adalah salah satu tim itu dan kami beradaptasi dengan baik dengan kondisi baru ini,” tandasnya.

Senada dengan Cazorla, mantan pemain Valencia, Gaizka Mendieta, berpendapat tampil dalam kondisi seperti itu butuh persiapan khusus.

Para pemain tentu akan merasakan hal berbeda saat tampil dalam stadion kosong. Menurutnya situasi seperti ini bisa mempengaruhi banyak hal.

“Bermain tanpa penggemar juga akan memengaruhi banyak hal, bermain di lingkungan yang tidak biasa,” bebernya.

Lebih lanjut mantan pemain tim nasional Spanyol itu menilai para pemain perlu mempersiapkan diri secara baik untuk menghadapi kompetisi yang berlangsung secara tertutup. Dibutuhkan persiapan mental bagi para pemain untuk menghadapi situasi seperti itu.

“Kami semua mantan pemain pernah bermain di stadion kosong, dan tidak bisa diungkapkan seberapa pentingnya hal tersebut bagi klub. Pemain harus mempersiapkan diri secara mental melihat yang tribun kosong, karena tidak ada suara dan sorakan,” sambungnya.

La Liga dikabarkan akan bergulir lagi dalam waktu dekat. Barcelona sementara ini berada di urutan teratas dengan keunggulan dua angka dari Real Madrid. Sementara itu kompetisi baru memasuki pekan ke-27 sehingga masih menyisahkan 11 pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *