Tanpa Messi, PSG Petik Kekalahan Pertama di Ligue 1 Musim Ini

Paris Saint-Germain (PSG) harus menelan pil pahit di awal tahun. Dalam lanjutan Ligue 1 Prancis, Les Parisien menderita kekalahan saat mengahdapi Lens pada Senin, 2 Januari 2023 dini hari WIB.

PSG tidak tampil dengan kekuatan penuh. Salah satu andalan yakni Lionel Messi belum bergabung karena masih menjalani liburan usai mengantar Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

Lens memimpin lebih awal saat pertandingan baru menginjak menit kelima. Przemyslaw Frankowski berhasil memperdaya kiper PSG, Gianluigi Donnarumma.

Tidak butuh waktu lama bagi PSG untuk menyamakan kedudukan. Hugo Ekitike berhasil membuat skor sama kuat.

Sayangnya, Lens kembali memimpin di menit ke-28. Berawal dari umpan terukur Seko Fofana, Lois Openda berhasil memaksa kiper PSG kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Alih-alih menyamakan kedudukan, PSG justru kembali kebobolan. Itu terjadi di awal babak kedua. Aksi Aleixis Claude-Maruice berhasil mengunci kemenangan Lens.

Bagi PSG ini merupakan kekalahan pertama mereka musim ini. Hasil minor pertama setelah 16 laga tak terkalahkan. PSG masih memuncaki klasemen dengan 44 poin dari 17 pertandingan. Sementara itu, Lens masih bertahan di urutan kedua dengan selisih empat poin di belakang PSG.

Messi memang diberi jatah libur dua minggu oleh PSG. Sebagaimana dikonfirmasi sang pelatih, Christope Galtier belum lama ini.

“Kami membuat keputusan untuk memberinya waktu hingga 1 Januari, jadi dia akan kembali ke sini bersama kami pada hari kedua atau ketiga untuk kembali bekerja setelah 13 atau 14 hari libur,” tandas Galtier.

Sang pelatih tentu merasa kecewa dengan kekalahan itu. Lebih dahulu tertinggal, sempat menyamakan kedudukan, namun tak mampu menambah gol.

“Jelas kami kecewa. Saya frustrasi dengan cara kami bermain malam ini. Kami terlalu banyak membuat kesalahan, dan Lens pantas mendapatkan kemenangan ini,” ungkap pelatih asal Prancis itu.

“Kami tertinggal lebih awal, tetapi kami melakukannya dengan baik untuk segera menyamakan kedudukan. Tetapi kemudian kebobolan dua gol yang tidak perlu,” sambungnya.

Galtier mengakui mereka kebobolan dari skema serangan balik apik sang lawan. Permainan PSG memang tidak terorganisir dengan baik. Keseimbangan antarlini juga tidak terjaga dengan baik.

“Kami memiliki peluang untuk membuat kedudukan 2-3, tetapi untuk pertama kalinya kami benar-benar kehilangan organisasi kami. Mengapa? saya tidak yakin, tetapi kami akan berbicara dengan pemain,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Vitor Ferreira. Pemain PSG itu mengaku mereka harus menjalani laga yang tidak mudah.

“Ini adalah pertandingan yang sulit. Mereka menang dan bermain lebih baik dari kami. Kami harus bangkit kembali karena performa ini tidak sesuai dengan standar kami. Kami akan memastikan itu tidak terjadi lagi,” tegasnya.

Susunan Pemain PSG versus Lens:

Lens (3-4-2-1): Brice Samba; Jonathan Gradt, Kevin Danso, Facundo Medina; Przemyslaw Frankowski, Salis Abdul Samad, Seko Fofana (Lukasz Poreba 90), Massadio Haidara; Florian Sotoca, Alexis Claude-Maurice (Jean Onana 73); Lois Openda (Wesley Said 73)

Paris Saint Germain (4-3-1-2): Gianluigi Donnarumma; Nordi Mukiele, Sergio Ramos, Marquinhos, Achraf Hakimi; Fabian (Vitinha 58), Danilo Pereira (Pablo Sarabia 58), Marco Verratti; Carlos Soler (Ismael Gharbi 78); Hugo Ekitike (Warren Zaire Emery 73), Kylian Mbappe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *