Takluk 0-3 dari Bayern, Barcelona Terlempar ke Liga Europa

Barcelona harus menelan pil pahit di matchday kelima fase grup Liga Champions Eropa 2022/2023. Bermain di kandang sendiri di Stadion Nou Camp, Kamis, 27 Oktober 2022 dini hari WIB, Blaugrana takluk dari tamunya Bayern Muenchen tiga gol tanpa balas.

Tiga gol tim tamu dicetak oleh Sadio Mane dan Eric Maxim Choupo-Moting di babak pertama, serta pemain pengganti asal Prancis, Benjamin Pavard di masa injury time.

Kekalahan ini membuat Barcelona terkunci di posisi ketiga Grup C dengan empat poin. Barcelona tertinggal enam angka di belakang Inter Milan dan 11 angka dari Bayern di puncak klasemen. Kedua tim teratas pun berhak ke babak 16 besar.
Sementara Barcelona harus puas kembali bermain di liga “malam Jumat” yakni Liga Europa. Ini merupakan musim kedua secara beruntun raksasa Catalonia itu tampil di turnamen kasta kedua.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez di tengah kekecewaannya berusaha menghibur para penggemar. Ia merasakan dukungan penuh dari para fan.

“Saya ingin berterima kasih kepada penggemar atas dukungan tanpa syaratnya. Mereka menciptakan atmosfer yang luar biasa. Kami sangat menghargainya.”

“Sangat disayangkan kami tidak dapat menunjukkan penghargaan kami dengan baik di lapangan. Kami harus menghadapi kenyataan, saya sudah memperingatkan kami harus menerima pukulan ini dan berkembang dari hal tersebut. Ini adalah pukulan besar.”

Pelatih asal Spanyol itu mengakui kemenangan Inter atas Viktoria beberapa jam sebelumnya sangat berdampak pada mereka.

“Bayern sangat bagus, jauh lebih baik dari kami, lebih intens. Saya yakin melihat kami tersingkir sebelum pertandingan memengaruhi kami secara psikologis.”

Terkait persaingan di fase grup musim ini, mantan pemain timnas Spanyol dan Barcelona itu mengakui posisi mereka yang tidak mudah di antara tim-tim unggulan.

“Kami tergabung dalam grup yang sangat rumit, dan rasanya seperti banyak yang melawan kami di Liga Champions ini. Sepakbola kejam bagi kami. Pada hari-hari sulit lainnya, kami bisa berkompetisi, tetapi tidak di sini.”

Walau demikian, Xavi tetap menebar optimisme di musim yang masih panjang. Masih ada kesempatan bagi mereka untuk berprestasi baik di Liga Europa maupun pentas domestik seperti LaLiga, Copa del Rey, hingga Piala Super Spanyol.

Susunan Pemain Barcelona versus Bayern Muenchen:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Hector Bellerin, Jules Kounde (Eric Garcia 68′), Marcos Alonso, Alejandro Balde; Franck Kessie, Sergio Busquets (Ferran Torres 58′), Frenkie de Jong; Ousmane Dembele (Ansu Fati 68′), Robert Lewandowski (Pablo Torre 83′), Pedri (Raphinha 58′).

Pelatih: Xavi Hernandez

Bayern Munchen: Sven Ulreich; Noussair Mazraoui (Josip Stanisic 7′), Dayot Upamecano (Benjamin Pavard 63′), Matthijs de Ligt, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Leon Goretzka (Marcel Sabitzer 46′); Serge Gnabry, Jamal Musiala (Ryan Gravenberch 67′), Sadio Mane; Eric Maxim Choupo-Moting (Thomas Muller 67′).

Pelatih: Julian Nagelsmann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *