Tak Hanya 11 Atlet, Ini Rombongan Tim Bulu Tangkis Indonesia untuk Olimpiade Tokyo

Saat ini tim bulu tangkis Indonesia sedang menanti jadwal keberangkatan ke Prefektur Kumamoto, Jepang, untuk menjalani serangkaian persiapan sebelum tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Serangkaian kegiatan dilakukan jelang keberangkatan mulai dari memastikan kondisi fisik para pemain hingga menjalani serangkaitan tes PCR berkala berkala selama empat hari berturut-turut sejak Minggu (4/7) hingga Rabu (7/7).

“Kami sudah jalani dua kali tes PCR, dari hari Minggu dan Senin kemarin, Puji Tuhan hasilnya bagus. Hari Selasa ini (6/7) dan besok Rabu (7/7) kami tes PCR kembali untuk pemenuhan syarat-syarat administratif,” ungkap Rionny Mainaky, Kabid Binpres PBSI seperti dilansir dari badmintonindonesia.org.

Rencananya, tim akan bertolak ke Prefektur Kumamoto di Jepang pada Kamis (8/7) pukul 23.15 WIB menggunakan maskapai Japan Airlines dengan nomor penerbangan JL5012 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Mereka akan transit terlebih dahulu di Bandara Haneda, Tokyo selama sembilan jam sebelum melanjutkan penerbangan ke Kumamoto.

“Kami akan berangkat tanggal 8 Juli ke Kumamoto untuk adaptasi selama 10 hari sebelum ke Tokyo. Penerbangan kami lewat Haneda dan ada waktu transit sembilan jam di sana untuk mengurus berbagai macam dokumen dan lain-lain,” tutur Rionny.

Dalam rombongan tim ada 11 atlet yang akan bertarung yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Selain 11 atlet yang akan berlaga di Olimpiade, lima pelatih siap mendampingi. Tim bulutangkis Indonesia juga memboyong sembilan orang tim pendukung yang terdiri dari manajer tim, atlet sparring, pelatih fisik, dokter, fisioterapis, dan masseur ke Kumamoto.

Setelah menjalani karantina 14 hari, para pemain akan menjalani serangkaian latihan fisik dan teknik.

Rionny berharap, cita-cita tim bulutangkis Indonesia mempertahankan tradisi medali emas di ajang Olimpiade bisa terwujud tahun ini.

“Beban kami memang berat, tapi mudah-mudahan kami bisa mempertahankan tradisi emas Olimpiade untuk Indonesia. Ganda putra dan ganda campuran yang kami targetkan semoga mereka bisa maksimal.”

Berikut daftar tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo:

1.  Jonatan Christie (Atlet)
2.  Anthony Sinisuka Ginting (Atlet)
3.  Gregoria Mariska Tunjung (Atlet)
4.  Marcus Fernaldi Gideon (Atlet)
5.  Kevin Sanjaya Sukamuljo (Atlet)
6.  Mohammad Ahsan (Atlet)
7.  Hendra Setiawan (Atlet)
8.  Greysia Polii (Atlet)
9.  Apriyani Rahayu (Atlet)
10. Praveen Jordan (Atlet)
11. Melati Daeva Oktavianti (Atlet)
12. Hendry Saputra Ho (Pelatih Tunggal Putra)
13. Rionny Mainaky (Pelatih Tunggal Putri)
14. Herry Iman Pierngadi (Pelatih Ganda Putra)
15. Eng Hian (Pelatih Ganda Putri)
16. Nova Widianto (Pelatih Ganda Campuran)
17. Iwan Hermawan (Pelatih Fisik dan Sports Science)
18. Eddy Prayitno (Manajer Tim)
19. Shesar Hiren Rhustavito (Atlet Sparring)
20. Fajar Alfian (Atlet Sparring)
21. Muhammad Rian Ardianto (Atlet Sparring)
22. Zachariah Josiahno Sumanti (Atlet Sparring)
23. dr. Octaviani (Dokter)
24. Gyon Putra Amiga (Fisioterapis)
25. Jean Inneke Turangan (Masseur)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *