Susy Susanti Minta Pebulutangkis Tetap Disiplin di Tengah Wabah Corona

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti mengimbau para atlet untuk disiplin menjaga performa mereka, terutama atlet-atlet muda agar ‘feel’ permainan mereka tidak hilang.

“Atlet muda memang harus tetap latihan stroke dan akurasi, karena di bagian ini mereka masih belum matang, sehingga mereka harus lebih konsisten latihan, agar feel akurasi dan stroke-nya tidak hilang setelah lama absen turnamen dan latihan intensif,” beber Susy seperti dilansir dari badmintonindonesia.org.

Dijelaskan Susy bahwa kondisi ini juga mengharuskan PBSI mengatur ulang program dengan seefektif dan seefisien mungkin untuk para atlet, terutama mereka yang diprioritaskan menuju olimpiade.

“Perubahan jadwal olimpiade tentu ada dampaknya buat atlet, mereka harus mempersiapkan diri lebih lama, kondisi tubuh harus dijaga, performa nanti ditingkatkan lagi dan diatur ulang sehingga puncaknya bisa dicapai di olimpiade,” jelas Susy.

Susy mengatakan hingga saat ini ia dan tim terkait tengah berdiskusi untuk membuat program persiapan menjelang olimpiade serta program untuk para atlet lainnya pasca wabah Covid-19.

Saat ini pandemi corona atau covid-19 masih terjadi. Tidak terkecuali di tanah air. Meski begitu, dalam situasi yang memprihatinkan ini, tak menghalangi para pemain bulu tangkis untuk tetap menjaga kebugaran.

PBSI memutuskan untuk tetap mengadakan kegiatan latihan di sela karantina tertutup di area Pelatnas Cipayung. Akan tetapi program latihan yang dilangsungkan tidaklah seperti biasanya. Susy Susanti mengatakan tujuan utama latihan di masa ini hanya untuk menjaga kebugaran atlet.

Pelatnas Cipayung baru akan mulai menerapkan program latihan intensif mulai 2 Juni 2020 atau setelah hari raya Idul Fitri. Latihan pada tahap ini sudah mulai normal kembali karena para atlet akan menjalani program persiapan menuju turnamen, seandainya turnamen sudah bisa berjalan pada Agustus 2020.

“Latihan sekarang ini tetap ada, mencakup teknik dan fisik, tapi hanya untuk jaga performa, stroke akurasi saja. Porsi latihannya sekitar 40-50 persen saja, yang terpenting saat ini menjaga kesehatan atlet, jadi menyesuaikan dengan kondisi atlet, program sesuai arahan pelatih masing-masing sektor,” beber Susy.

Lebih lanjut Susy mengatakan untuk program latihan akan kembali berjalan normal setelah lebaran. Hal ini pun tergantung pada situasi wabah corona yang diharapkan sudah mereda saat itu.

“Program latihan normal akan berjalan setelah lebaran, semoga situasinya juga sudah normal kembali,” lanjut Susy.

Kita berharap pandemi corona ini cepat berlalu agar segala aktivitas bisa kembali normal, terutama para pebulu tangkis agar bisa kembali berlatih dan bertanding seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *