Spanyol Pesta 7 Gol Tanpa Balas ke Gawang Kosta Rika

Tim nasional Spanyol memetik kemenangan telak di matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022. Menghadapi timnas Kosta RIika di Al Thumama Stadium pada Rabu, 23 November 2022 tengah malam WIB, La Furia Roja menang tujuh gol tanpa balas.

Ferran Torres menjadi penyumbang gol terbanyak dengan lesatan dua gol masing-masing di menit ke-31 dan 54. Lima gol lainnya dicetak oleh Dani Olmo di menit ke-11, Marco Asensio di menit ke-21, Gavi di menit ke-54, dan Carlos Soler di menit ke-90.

Kemenangan telak ini menjadi awal yang bagus bagi Spanyol untuk bersaing di grup “neraka”. Nasib Spanyol lebih baik ketimbang Jerman yang secara mengejutkan takluk 1-2 dari Jepang.

Dengan demikian, Spanyol berada di puncak klasemen sementara, disusul Jepang, Kosta Rika, dan Jerman di posisi terbawah.

Spanyol tidak hanya memetik poin penuh. Mereka juga menorehkan statistik mencengangkan baik dari sisi penguasaan bola, peluang, hingga umpan sukses.

“Sejujurnya ya, saya senang. Saya mengingatkan Anda akan hal ini selama beberapa pekan terakhir. Ketika segalanya klik, sepakbola menjadi olahraga yang indah, kami mengontrol pertandingan sepanjang waktu, yang mana adalah target kami menghadapi lawan tangguh yang kami tahu akan menyulitkan,” beber Luis Enrique.

Pelatih timnas Spanyol itu mengaku mereka benar-benar tampil sempurna. Mereka bisa mendominasi dari sisi “ball possession” hingga penyelesaikan akhir.

“Tapi kami luar biasa dalam hal menguasai bola, dalam penyelesaian akhir. Kami main sesuai dengan ide yang sama yang telah mendampingi tim nasional selama bertahun-tahun.”

Meski menang telak, eks pelatih Barcelona itu enggan jemawa. Ia pun mengingatkan timnya untuk tak terlena dengan hasil tersebut.

“Pujian-pujian melemahkan Anda, kami tahu itu, dan kami tak akan terjebak oleh itu. Idenya adalah selalu bermain seperti ini, tapi kami tak akan selalu menang telak.”

Enrique tetap memuji Kosta Rika. Ia mengaku sudah mengantisipasi permainan Kosta Rika. Ia menaruh respek kepada tim tersebut.

Susunan pemain timnas Spanyol versus timnas Kosta Rika:

Timnas Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Rodri, Jordi Alba (64′ Alejandro Balde); Pedri (57′ Carlos Soler), Sergio Busquets (64′ Koke), Gavi; Ferran Torres (57′ Alvaro Morata), Marco Asensio (69′ Nicholas Williams), Dani Olmo.

Pelatih: Luis Enrique

Timnas Kosta Rika (5-4-1): Keylor Navas; Carlos Martinez (46′ Kendall Waston), Francisco Calvo, Oscar Duarte, Keysher Fuller, Bryan Oviedo; Joel Campbell, Yeltsin Tejeda, Celso Borges (72′ Brandon Zamora), Jewison Bennette (61′ Bryan Ruiz); Anthony Contreras (61′ Alvaro Zamora).

Pelatih: Luis Fernando

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *