Sempat Tertinggal, Inggris Sukses Tekuk Belgia di UEFA Nations League

Tim nasional Inggris berhasil menunjukkan kualitasnya saat menghadapi Belgia di matchday ketiga UEFA Nations League A Grup 2. Laga yang berlangsung di Stadion Wembley, London pada Minggu, 11 Oktober 2020 berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah Inggris.

Sepasang gol Inggris dicetak oleh sepakan penalti Marcus Rashford di menit ke-39 dan Mason Mount di menit ke-64. Sementara itu satu-satunya gol Belgia dicetak oleh Romelu Lukaku dari titik penalti di menit ke-16.

Kemenangan ini membuat Inggris berhak atas tiga poin. Koleksi poin The Three Lions kini menjadi tujuh dari tiga pertandingan dan berhak menempati posisi teratas di tabel klasemen sementara. Sedangkan Belgia melorot ke urutan kedua dengan raihan total enam poin. Sementara itu posisi ketiga dan keempat diduduki Denmark dan Islandia.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate menilai positif penampilan timnya. Ia menyebut timnya mampu menunjukkan permainan tingkat atas.

“Saya pikir malam ini Anda melihat pertandingan tingkat atas di mana kami mampu menguasai bola dengan baik dan menciptakan peluang. Saya pikir penalti datang pada saat kritis, kami baru saja melakukan beberapa gerakan bagus,” beber Southgate.

Menariknya di laga ini Inggris banyak menurunkan pemain muda. Ternyata para pemain tersebut mampu mengambil peran yang ditinggalkan beberapa pemain utama seperti Harry Kane dan Raheem Sterling.

“Setelah tertinggal ada perasaan berbeda dan semuanya terasa sedikit lebih tenang setelah kami mencetak gol.  Anda tidak mendapatkan banyak peluang di level permainan ini, tetapi kami memang menciptakan peluang. Tetapi secara defensif Anda harus tepat sasaran,” sambungnya.

Southgate mengatakan para pemain muda yang diturunkan di laga ini mampu menorehkan catatan yang bagus. Ini menjadi pengalaman penting bagi mereka untuk menjadi lebih baik di laga-laga selanjutnya.

“Dan, ketika Anda berpikir bahwa para pemain depan, Declan (Rice), Trent (Alexander-Arnold) masih sangat muda, itu adalah pengalaman yang brilian bagi mereka untuk bermain melawan tim papan atas,” pungkasnya.

Susunan Pemain Timnas Inggris versus Timnas Belgia:

Timnas Inggris (3–4-2-1): Jordan Pickford; Eric Dier, Kyle Walker, Harry Maguire; Kieran Trippier, Trent Alexander-Arnold (79′ R. James), Declan Rice, Jordan Henderson (66′ K. Phillips); Mason Mount (89′ J. Sancho), Marcus Rashford; Dominic Calvert-Lewin (66′ H. Kane).

Pelatih: Gareth Southgate

Timnas Belgia (3-4-2-1): Simon Mignolet; Jason Denayer, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld; Thomas Meunier, Axel Witsel, Youri Tielemans, Timothy Castagne; Kevin De Bruyne (73′ Y. Verschaeren), Yannick Carrasco (83′ J. Doku); Romelu Lukaku.

Pelatih: Gareth Southgate

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *