Richarlison Cetak Gol Indah, Brasil Tekuk Serbia 2-0

Tim nasional Brasil berhasil mengawali kiprahnya di Piala Dunia 2022 dengan manis. Tim Samba sukses mengalahkan Serbia di matchday pertama Grup G di Lusail Iconic Stadium pada Jumat, 25 November 2022 dini hari WIB.

Selecao menang dua gol tanpa balas. Kedua gol diborong oleh Richarlison masing-masing di menit ke-62 dan 73.

Satu dari kedua gol itu terjadi secara indah. Pemain Tottenham Hotspur itu melepaskan tendangan gunting yang sukses merobek gawang Serbia.

Kemenangan ini mengantar Brasil ke puncak klasemen sementara dengan tiga poin. Jumlah poin yang sama diraih Swiss yang berhasil mengalahkan Kamerun. Sementara itu, Serbia sementara ini mendekam di urutan buncit.

Gol pertama Brasil berawal dari penetrasi Neymar ke kotak penalti lalu disodorkan pada Vinicius Junior. Striker Real Madrid itu melepaskan tendangan yang sempat ditepis Vanja. Bola kemudian mengarah ke Richarlison yang bisa menyelesaikan dengan baik.

Mantan pemain Everton itu kembali memaksa sang kiper memungut bola dari dalam gawangnya. Lagi-lagi akselerasi Vinicius berlanjut dengan umpan akurat yang disambut Richarlison dengan tendangan gunting.

Sayangnya kemenangan Brasil dinodai oleh cedera yang dialami Neymar Junior. Pelatih Brasil, Tite mengharapkan bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu bisa tampil di laga berikutnya.

“Dia (Neymar) mengalami bengkak di pergelangan kaki sebelah kanan dan kami akan melihat perkembangannya,” beber Tite.

Sementara itu para pemain Brasil bertekad untuk memberikan kado perpisahan yang manis bagi sang pelatih.

“Tite sudah menjadi sosok ayah bagi kami semua. Dia selalu memperlakukan kami semua dengan baik. Ia juga menciptakan lingkungan yang hangat di dalam tim nasional kami,” beber Richarlison.

Richarlison sungguh memuji kepribadian Tite yang tidak pernah pelit pujian.

“Dia adalah salah satu orang yang tidak sungkan untuk memuji kami. Namun di satu sisi, ia juga tidak ragu untuk memberikan kenyataan pahit kepada anda.”

Dari pelatih itu mereka mendapat banyak hal.

“Kami belajar banyak hal darinya. Ia mengajari kami cara untuk menjadi berani, cerdas dan disiplin secara taktikal. Entah dia suka atau tidak, ini Piala Dunia terakhirnya. Kami semua akan memberikan segalanya agar ia bisa menutup karirnya di tim nasional dengan senyuman,” tutupnya.

Susunan pemain Brasil versus Serbia:

Timnas Brasil (4-2-3-1): Alisson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Lucas Paqueta (75′ Fred), Casemiro; Raphinha (87′ Gabriel Martinelli), Neymar (80′ Antony), Vinicius Junior (76′ Rodrygo); Richarlison (79′ Gabriel Jesus).

Pelatih: Tite

Timnas Serbia (3-5-1-1): Vanja Milinkovic-Savic; Milos Veljkovic, Nikola Milenkovic, Strahinja Pavlovic; Andrija Zivkovic (57′ Nemanja Radonjic), Sasa Lukic (66′ Darko Lazovic), Nemanja Gudelj (57′ Ivan Ilic), Filip Mladenovic (66′ Dusan Vlahovic); Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic; Aleksandar Mitrovic (83′ Nemanja Maksimovic).

Pelatih: Dragan Stojkovic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *