Puluhan Legenda Bulu Tangkis Indonesia Terima Vaksin

Setelah Jumat (26/2) lalu, para atlet Pelatnas Cipayung menerima vaksin Covid-19, hari Senin, 1 Maret 2021, giliran para mantan atlet-atlet bulutangkis yang berkesempatan mendapatkan vaksin.

Puluhan legenda seperti Tan Joe Hok, Imelda Wigoena, Heryanto Saputra, Eddy Hartono, Hariyanto Arbi, Candra Wijaya hingga Carmelita, dan Adriyanti Firdasari hadir di Rumah Sakit Olahraga Nasional, Cibubur, Jakarta Timur, tempat dilaksanakannya vaksin tersebut.

Perwakilan legenda, Hariyanto Arbi menyambut positif pelaksanaan vaksin bagi para mantan atlet-atlet bulutangkis ini.

“Saya mewakili para legenda, mengucapkan terima kasih kepada PBSI dan Kemenpora juga KBI yang telah menyelenggarakan vaksin gratis kepada kami. Harapannya dengan vaksin ini kita bisa kembali bekerja dan melakukan aktivitas dengan merasa aman,” kata Hari seperti dilansir dari badmintonindonesia.org.

Sementara itu, Tan Joe Hok, mantan atlet tunggal putra dengan sederet prestasi yang kini berusia 83 tahun terlihat sangat antusias menjalani vaksin pertama ini. Tidak terlihat raut ketakutan di wajah orang pertama Indonesia yang menjadi juara All England 1959 ini kala bersua dengan jarum suntik. Senyum merekah malah terpancar ketika cairan vaksin masuk ke dalam tubuhnya.

“Ya yang terpenting adalah Covid-19 itu memang ada. Jadi bagaimana saya melindungi bukan diri saya sendiri, tapi saya melindungi keluarga saya dan tentu masyarakat. Maka saya anjurkan teman-teman, siapa saja, jangan takut. Ayo ikuti anjuran pemerintah untuk vaksin karena ini salah satu cara untuk pencegahan,” ujar Tan Joe Hok.

Lain Tan Joe Hok, lain juga peraih medali emas Olimpiade Sydney tahun 2000, Candra Wijaya. Candra mengaku bahwa sakit disuntik vaksin tidak sebanding dengan sakit yang ia alami bila kalah dalam sebuah pertandingan.

“Memang kita jarang disuntik sih, tapi saya kira sakitnya hanya sedikit lah, pasti lebih sakit kalau kita kalah dalam pertandingan. Ini soal kecil lah, sepele,” canda Candra.

Dua mantan pemain putri Indonesia, Carmelita dan Adriyanti Firdasari pun punya pengalaman yang sama saat menerima vaksin. Mereka mengaku sempat mengalami rasa tegang sebelum disuntik, tetapi akhirnya semua berjalan dengan lancar.

“Awalnya saya deg-degan tapi sudah proses tidak ada rasa apa-apa. Yang penting sarapan dulu sebelum vaksin dan tensi harus normal,” ungkap Carmelita.

Sementara itu Firda mengatakan dirinya sempat merasa tegang sbelum divaksin. Namun akhirnya bisa berjalan lancer dan cepat.

“Tadi awalnya tegang-tegang dikit sebelum divaksin tapi prosesnya cepat banget, lancar. Sampai saat ini tidak ada reaksi apapun. Aman-aman saja,” sambung Firda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *