Portugal Tekuk Republik Ceko 2-0 di UEFA Nations League

Tim nasional Portugal memetik kemenangan di matchday ketiga Grup 2 UEFA Nations League A 2022/2023. Bermain di kandang sendiri di Estadio Jose Alvalade pada Jumat, 10 Juni 2022 dini hari WIB, Selecao menang 2-0 atas tamunya Republik Ceko.

Sepasang gol tuan rumah terjadi di babak pertama, dicetak oleh Joao Cancelo di menit ke-33 dan Goncalo Guedes di menit ke-38.

Kemenangan ini membuat Portugal masih berada di puncak klasemen Grup 2 A dengan tujuh poin dari tiga pertandingan, unggul dua angka dari Spanyol di posisi kedua.

Kekalahan ini membuat Republik Ceko tertahan di posisi ketiga dengan empat poin dari tiga laga. Posisi terbawah ditempati Swiss yang belum juga mendulang poin dari tiga laga yang sudah dijalani.

Portugal tampil dominan di laga ini. Tuan rumah berhasil membuka keunggulan setelah Cancelo sukses menuntaskan umpan Bernardo Silva dengan tendangan akurat dari dalam kotak penalti.

Tak berselang lama, pendukung tuan rumah kembali bersorak. Kerja sama Neves dan Silva bisa diselesaikan dengan sempurna oleh Guedes.

Portugal menjadi salah satu favorit di turnamen ini. Namun, Guedes enggan status tersebut disematkan kepada mereka. Mereka hanya mau fokus pada setiap pertandingan.

“Unggulan untuk menjuarai grup? Tidak. Kami ingin finis lebih dulu dan melaju sejauh mungkin. Kami akan mencoba untuk melakukan itu dengan kemenangan besar dan mencetak banyak gol,” beber Guedes.

Lebih lanjut, Guedes mengatakan dirinya akan terus berjuang untuk mendapatkan menit bermain dalam skuad besutan Fernando Santos.

“Ini musim yang panjang, tapi ada pemain yang mempunyai menit bermain lebih banyak dibandingkan saya. Saya dalam kondisi baik-baik saja.”

Guedes menegaskan mereka akan tampil maksimal di setiap pertandingan. Mereka harus menunjukkan performa level atas.

“Dalam beberapa hari, kami akan liburan, tapi sampai itu, kami harus menghadapi pertandingan dan menampilkan level tinggi,” tutupnya.

Apakah Portugal benar-benar favorit untuk menjuarai UEFA Nations League musim ini?

Susunan pemain Portugal versus Republik Ceko:

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Pepe, Danilo Pereira, Raphael Guerreiro; Goncalo Guedes (88′ Joao Palhinha), William Carvalho (68′ Bruno Fernandes), Ruben Neves (88′ Joao Moutinho); Diogo Jota (80′ Rafael Leao), Bernardo Silva (68′ Vitinha), Cristiano Ronaldo.

Republik Ceko (3-4-3): Jindrich Stanek; David Zima, Jakub Brabec, Ales Mateju (80′ Alex Kral); Vladimir Coufal, Tomas Soucek, Michal Sadilek, Milan Havel (46′ Vaclav Jemelka); Ondrej Lingr (46′ Jakub Pesek), Jan Kuchta (46′ Vaclav Jurecka), Adam Hlozek (73′ Adam Vlkanova).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *