PBSI Tetap Kirim Atlet ke All England 2020

Di tengah wabah corona, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) tetap mengirimkan para atlet untuk ambil bagian di turnamen bergengsi, All England 2020. Kejuaraan itu akan digelar di Inggris pada 11 hingga 15 Maret 2020 mendatang.

Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan aspek keamanan dari turnamen tersebut. Sebelumnya Indonesia sempat membatalkan keikutsertaan di sejumlah turnamen di Eropa mengingat virus tersebut yang terus menyebar di Eropa.

Usai menggelar pertemuan, PBSI akhirnya memutuskan untuk tetap mengirim para atlet terbaik ke kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia itu. Seperti dikatakan Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, pihaknya akan mengirim semua atlet tanpa pengecualian.

“All England masih on schedule. Kami mengirim atlet semuanya tanpa ada pengecualian,” beber Susy.

Mantan pemain nasional itu mengatakan ada sejumlah alasan yang membuat mereka akhirnya tetap mengirim atlet ke Inggris. Selain permintaan dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), pihaknya juga mempertimbangkan poin olimpiade yang bisa diraih dari turnamen penting itu.

“Kami mempertimbangkan karena diminta BWF untuk tetap mengirimkan atlet yang terdaftar. Kedua, terkait poin untuk Olimpiade juga. Bagaimana pun All England sangat penting juga dan negara setempat telah memberikan jaminan. Jadi kami tetap memberangkatkan atlet ke Inggris,” sambungnya.

Pihak tuan rumah pun sudah menegaskan komitmennya untuk menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) seperti yang digariskan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Selain soal pengecekan suhu badan secara rutin, tuan rumah juga menganjurkan para atlet untuk sering mencuci tangan.

Menurut Susy standar yang diterapkan tidak jauh berbeda yang dianjurkan pemerintah. Selain itu pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan panitia dan kedutaan Indonesia di Inggris. Sejauh ini, demikian Susy, tidak ada kendala yang ditemui.

“Standar ya sesuai anjuran dari pemerintah. Dalam arti lebih ke pencegahan. Tadi juga kan ada arahan dan koordinasi dengan panitia dan kedutaan di Inggris. Jadi sampai sekarang berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun,” tegasnya.

Berikut daftar atlet Indonesia yang akan berlaga di All England 2020:

Tunggal Putra:

Jonatan Christie
Anthony Sinisuka Ginting
Shesar Hiren Rhustavito
Tommy Sugiarto

Tunggal Putri:

Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra:

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso

Ganda Putri:

Greysia Polii/Apriyani Rahayu
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto

Ganda Campuran:

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja
Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *