Meski Tanpa Penonton, Klopp Sebut Derby Tetap Panas

Liverpool akan mengawali kiprah dalam lanjutan Liga Primer Inggris di era New Normal dengan menghadapi Everton. Ini merupakan derby Merseyside yang akan digelar di kandang Everton di Stadion Goodison Park pada Senin, 22 Juni 2020 dini hari WIB.

Laga dua tim sekota ini akan berbeda karena bakal digelar secara tertutup. Para penonton tidak akan diperkenankan datang ke stadion. Meski begitu pelatih Liverpool, Jurgen Klopp tetap memandang penting laga ini.

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu mengakui pertandingan ini akan tetap panas seperti laga-laga derby sebelumnya. Apalagi Liverpool butuh kemenangan untuk mendekatkan mereka dengan tangga juara yang sudah ada di depan mata.

“Ini memang berbeda tapi kami tak bisa mengubahnya. Kami harus memanfaatkan situasinya dan tidak menderita oleh karenanya. Ada laga antara Everton dan Liverpool yang mana tetaplah sebuah derby dan berarti penting untuk kedua tim atas alasan yang berbeda, dan itulah yang kami nantikan,” bebernya.

Lebih lanjut pelatih asal Jerman itu mengatakan pihaknya sudah berusaha untuk membiasakan diri dengan laga tanpa penonton. Situasi ini sudah dicoba selama masa latihan dalam beberapa pekan terakhir. Begitu juga dalam laga uji coba kontra Blackburn Rovers beberapa waktu lalu yang juga digelar secara tertutup.

“Kami sudah mencoba membiasakan diri dengan keadaan selama periode latihan, selama empat pekan terakhir, dengan memainkan satu laga uji coba yang layak melawan Blackburn dan dua pertandingan internal. Itu tampak seperti laga sepakbola sungguhan dan itu sangatlah penting.”

Klopp menyadari ini bukanlah situasi yang terbaik. Ia akan merasakan kehilangan karena taka ada atmosfer pertandingan sebagaimana mestinya. Ia pun merindukan kehadiran kembali para penggemar ke stadion.

“Memang bukan situasi yang sempurna, tapi ini kondisi terbaik yang memungkinkan. Saya tidak akan kehilangan atmosfer penonton di stadion karena saya sudah tahu memang tidak ada. Tapi saya sangat menantikan ketika kerumunan penonton kembali,” pungkasnya.

Sebelumnya Klopp mengirimkan pesan kepada para penggemar Liverpool. Ia meminta para fans untuk tetap berada di rumah dan memberikan dukungan kepada Liverpool dari jauh.

“Jadi, liga mulai lagi dan kami bisa mengejar target besar kami lagi dan untuk ini kami butuh kalian, kami selalu butuh kalian,” beber Klopp.

Lebih lanjut pelatih asal Jerman itu mengatakan meski berada di rumah dukungan para penggemar akan tetap terasa hingga ke stadion. Untuk itu Klopp berjanji untuk membuat para pemain Liverpool merasakan sokongan dari para fans. Ia mengakui bahwa 80-90 persen bahan bakar tim adalah para penggemar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *