Mengejutkan, Maroko Libas Generasi Emas Belgia 2-0

Tim nasional Maroko membuat kejutan di matchday kedua Grup F Piala Dunia 2022. Menghadapi salah satu tim unggulan yakni timnas Belgia di Al Thumama Stadium pada Minggu, 27 November 2022 malam WIB, Maroko sukses memetik kemenangan dua gol tanpa balas.

Sepasang gol Maroko dicetak oleh Abdelhamid Sabiri di menit ke-73 dan Zakaria Aboukhlal di menit ke-90+2.

Kemenangan ini membuat Maroko berhak atas tiga poin. Maroko kini menyalip Belgia untuk menduduki puncak klasemen Grup F, sebelum digusur Kroasia beberapa jam kemudian.

Maroko mengemas empat poin dari dua pertandingan, kalah selisih gol dari Kroasia di puncak klasemen. Sementara itu, Belgia berada di posisi ketiga dengan tiga poin. Kanada menempati juru kunci dengan tanpa mengemas satu poin pun.

Pertandingan terakhir penyisihan grup akan menentukan nasib para kontestan. Pemenang di laga itu dipastikan ke babak 16 besar.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez angkat bicara usai laga. Ia mengatakan kekalahan timnya bukan karena faktor rapuhnya barisan pertahanan. Belgia yang mendominasi laga, namun terbukti tidak efektif dalam memanfaatkan setiap peluang.

“Ini hasil sulit karena gol pertama sangat memengaruhi hasil akhir. Ini situasi bola mati, kami tak bisa menjalankan permainan kami dan ini laga yang perlu kami pahami,” beber Martinez.

Pelatih asal Spanyol itu menegaskan hasil minor itu bukan karena kesalahan barisan belakang.

“Cara kami mempertahankan gawang adalah cara kami mempertahankan tendangan bebas selama enam tahun, bukan itu masalahnya. Bola masuk dengan baik, tidak ada hubungannya dengan pengaturan.”

Martinez mengakui timnya tak mampu menciptakan dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencetak gol.

“Saya pikir kami memiliki momen bagus tetapi kami tidak bisa mendapat peluang yang jelas, kami hanya memiliki beberapa peluang dan jika Anda membiarkan gol itu maka itu akan mengubah permainan secara radikal.”

Pertandingan ketiga akan menentukan nasib The Red Devils. Sang pelatih menegaskan mereka akan memastikan diri bersiap maksimal menghadapi laga krusial itu.

“Kami perlu memastikan bahwa kami menjadi lebih kuat bersama dan kami akan bersiap untuk pertandingan ketiga,” pungkasnya.

Susunan pemain Belgia versus Maroko:

Timnas Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Thomas Meunier (81′ Romelu Lukaku), Thorgan Hazard (75′ Leandro Trossard), Axel Witsel, Amadou Onana (60′ Youri Tielemans), Timothy Castagne, Eden Hazard (60′ Dries Mertens), Kevin De Bruyne, Michy Batshuayi (75′ Charles De Ketelaere).

Pelatih: Roberto Martinez

Timnas Maroko (4-3-3): Yassine Bounou, Noussair Mazraoui, Romain Saïss, Nayef Aguerd, Achraf Hakimi (68′ Yahya Attia Attia Allah), Selim Amallah (68′ Abdelhamid Sabiri), Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi (78′ Jawad El Yamiq), Sofiane Boufal (73′ Zakaria Aboukhlal), Youssef En-Nesyri (73′ Abderazak Hamdallah), Hakim Ziyech.

Pelatih: Walid Regragui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *