Liverpool Juara Piala FA 2021/2022, Klopp: Kami Punya Mentalitas Monster

Liverpool akhirnya keluar sebagai juara Piala FA 2021/2022 usai mengalahkan Chelsea di Stadion Wembley, London, Sabtu (14/5/2022) tengah malam WIB.

Lagi-lagi pertemuan kedua tim di partai final setelah sebelumnya bersua di partai pamungkas Carabao Cup atau Piala Liga Inggris. Pemenang pun kembali ditentukan melalui adu penalti.

Kali ini Liverpool lebih beruntung dengan kemenangan 6-5. Ada dua penendang The Blues yang gagal menjalankan tugas yakni Cesar Azpilicueta dan Mason Mount. Sementara itu Sadio Mane menjadi satu-satunya algojo Liverpool yang gagal menjalankan tugasnya.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mengaku bangga dengan penampilan timnya. Ia menilai kedua tim sudah menampilkan permainan terbaik. Perbedaan di laga ini terjadi karena detail kecil.

“Luar biasa, gila betul, laga yang intens menghadapi Chelsea. Mereka juga pantas menang seperti halnya di Carabao Cup. Perbedaan kecil begitu menentukan,” beber Klopp.

Manajer asal Jerman itu bangga dengan para pemain, bagaimana semangat dan mental mereka.

“Saya bangga sekali dengan para pemain, bagaimana semangat mereka, bagaimana mereka bertarung, lalu ada juga pergantian pemain di awal.”

Saat harus menjalani adu tos-tosan Klopp mengaku sangat gugup. ia pun ikut prihatin dengan hasil minor yang kembali diraih Chelsea.

“Saya sempat gugup saat adu penalti, tapi saya ikut bersedih dengan Chelsea. Dua kali final, 120 menit, tanpa trofi sama sekali, kejam sekali. Tapi kami pantas mendapatkannya.

Salah satu aspek yang disoroti Klopp dari timnya adalah mentalitas. Ia bangga menyebut timnya memiliki mentalitas baja alias mentalitas monster.

“Kami punya mentalitas monster, tapi para pemain Chelsea juga – cuma beda satu penalti. Chelsea luar biasa, namun pada akhirnya hanya ada satu juara dan itulah kami,” tutupnya.

Liverpool kini sudah mengantongi dua gelar di musim ini yakni Carabao Cup dan Piala FA. Selanjutnya, mereka memburu dua trofi lagi yakni Liga Primer Inggris dan Liga Champions Eropa.

Apakah Liverpool bisa menutup musim ini dengan empat gelar atau “quadruple”?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *