Lewandowski Cetak Gol Pertama di Piala Dunia, Polandia Tekuk Arab Saudi 2-0

Tim nasional Polandia sukses memetik poin sempurna di matchday kedua Grup C Piala Dunia 2022. Menghadapi timnas Arab Saudi di Education City Stadium pada Sabtu, 26 November 2022 malam WIB, Polandia menang dua gol tanpa balas.

Ini merupakan kemenangan penting bagi Polandia. Mereka berhak atas tiga poin sekaligus menghentikan laju Arab Saudi yang di pertandingan pertama membuat kejutan dengan menumbangkan favorit juara, Argentina.

Polandia sementara ini menduduki puncak Grup C dengan empat poin, unggul satu poin dari Argentina dan Arab Saudi di posisi kedua dan ketiga.

Polandia kini hanya membutuhkan satu poin untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar. Di pertandingan pamungkas grup mereka akan menghadapi Argentina yang membutuhkan kemenangan untuk lolos.

Kemenangan Polandia ini sungguh istimewa bagi sang kapten, Robert Lewandowski. Striker Barcelona itu mencetak satu gol di paruh kedua. Itu merupakan gol pertama mantan pemain Bayern Muenchen itu di pentas Piala Dunia. Satu gol lainnya dicetak oleh Piotr Zielinski di babak pertama.

Lewandowski tak kuasa menahan kegembiraan. Ia mengaku begitu bersemangat sejak lagu kebangsaan dikumandangkan di awal laga.

“Saya sadar bahwa ini mungkin Piala Dunia terakhir saya. Sejak lagu kebangsaan diputar, saya merasakan emosi dalam diri saya,” beber Lewandowski.

Lebih lanjut ia mengatakan dirinya ingin dikenang tidak hanya sebagai partisipan tetapi juga ikut mencetak gol.

“Saya tak ingin hanya dikenang karena tampil di Piala Dunia, tapi juga karena mencetak gol di sini. Saya selalu berjuang keras untuk sebuah gol di Piala Dunia dan hari ini saya berhasil.”

Pemain yang pernah berkarier di Borussia Dortmund itu menyebut kemenangan tersebut sangat penting bagi timnas Polandia. Ia mengakui kemenangan itu dipetik dengan penuh perjuangan.

“Hasil bagus untuk tim nasional adalah hal terpenting. Tapi selalu ada beberapa persen dalam kepala Anda di mana ingin masuk buku sejarah sendiri. Saya tahu seberapa keras saya berjuang dan seberapa besar kami berjuang untuk gol dan kemenangan,” pungkasnya.

Susunan pemain Polandia versus Arab Saudi:

Polandia: Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jakub Kiwior; Matty Cash, Krystian Bielik, Grzegorz Krychowiak, Przemyslaw Frankowski; Piotr Zielinski (Jakub Kaminski 63′); Arkadiusz Milik (Krzysztof Piatek 71′), Robert Lewandowski.

Arab Saudi: Mohammed Khalil Al-Owais; Saud Abdullhamid, Abdulelah Al-Amri, Ali Al Bulayhi, Mohammed Al-Breik (Sultan Alganham 65′); Sami Al-Najei (Nawaf Shaker Al Abed 46′ (Hattan Bahebri 90′)), Abdulellah Al-Malki (Abdulrahman Alobud 85′), Mohamed Kanno; Firas Al-Birakan, Saleh Al-Shehri (Nasser Al Dawsari 85′), Salem Al-Dawsari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *