Kiper Kroasia Jadi Pahlawan ke Perempat Final Piala Dunia 2022, Gagalkan 3 Eksekutor Penalti Jepang

Tim nasional Kroasia berhasil memetik kemenangan dramatis atas timnas Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Wakil Eropa itu berhasil melangkah ke babak delapan besar usai mencatatkan kemenangan melalui adu penalti.

Duel yang berlangsung di Al Janoub Stadium pada Senin, 5 Desember 2022 malam WIB itu berakhir 1-1 hingga perpanjangan waktu.

Jepang bahkan lebih dahulu memimpin melalui Daizen Maeda di menit ke-43. Namun, Kroasia berhasil memanfaatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan di menit ke-55 melalui tandukan Ivan Perisic.

Secara keseluruhan Jepang tampil impresif. Wakil Asia itu mampu merepotkan Kroasia sejak menit awal.

Sayangnya, nasib kurang beruntung mereka alami dalam drama adu tos-tosan. Tiga eksekutor Samurai Biru gagal menjalankan tugas. Tendangan mereka berhasil digagalkan Dominik Livakovic. Kiper berusia 27 tahun itu hanya gagal memblok satu eksekutor Jepang.

Ketiga eksekutor Jepang yang gagal menjalankan tugas adalah Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida. Hanya Takuma Asano yang berhasil.

Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu melihat cahaya di balik kegagalan tersebut. Ia menegaskan era baru sepak bola Jepang sudah dimulai.

“Para pemain bisa berpikir untuk bersaing melawan seluruh dunia dari level yang sama. Mereka menunjukkan kepada kami era baru masa depan sepakbola Jepang,” beber Moriyasu.

“Kami mengalahkan Jerman, kami mengalahkan Spanyol, kami mengalahkan dua mantan juara dunia. Jika kami berpikir untuk maju daripada stagnan, masa depan pasti akan berubah,” sambungnya.

Sang pelatih menilai para pemainnya sudah tampil maksimal meski gagal ke babak perempat final. Ia berharap level permainan timnas Jepang dipertahankan atau ditingkatkan maka mereka bisa bersaing di panggung dunia di masa depan.

“Para pemain benar-benar melakukan yang terbaik. Kami tidak bisa menembus babak perempat-final, tapi saya pikir para pemain menunjukkan kepada kami era baru. Jika sepakbola Jepang terus ingin berada di panggung terbaik, saya yakin itu kami akan mampu mengatasi penghalang ini,” pungkasnya.

Adu penalti:

Minamino gagal! Jepang 0-0 Kroasia
Vlasic gol! Jepang 0-1 Kroasia
Mitoma gagal! Jepang 0-1 Kroasia
Brozovic gol! Jepang 0-2 Kroasia
Asano gol! Jepang 1-2 Kroasia
Livaja gagal! Jepang 1-2 Kroasia
Yoshida gagal! Jepang 1-2 Kroasia
Pasalic gol! Jepang 1-3 Kroasia

Susunan pemain Jepang versus Kroasia:

Jepang (3-4-3): Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junyo Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita (106′ Ao Tanaka), Yuto Nagatamo (64′ Kaoru Mitoma); Ritsu Doan (87′ Takumi Minamino), Daizen Maeda (64′ Takuma Asano), Daichi Kamada (75′ Hiroki Sakai).

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic; Luka Modric (99′ Lovro Majer), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (99′ Nikola Vlasic); Andrej Kramaric (68′ Mario Pasalic), Bruno Petkovic (62′ Ante Budimir, Marko Livaja 106′), Ivan Perisic (106′ Mislav Orsic).

Pelatih: Zlatko Dalic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *