Jokowi Kukuhkan Tim Olimpiade Indonesia

Tim Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 resmi dikukuhkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kamis (8/7) siang. Presiden Jokowi mengukuhkan kontingen Merah-Putih secara daring langsung dari Istana Negara, diikuti perwakilan cabang olahraga dari tempat masing-masing.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa persiapan tim Indonesia dalam menghadapi Olimpiade tahun ini sudah maksimal walau di tengah-tengah pandemi virus Covid-19.

“Saya tahu persiapan untuk menghadapi Olimpiade Tokyo ini telah dilaksanakan secara maksimal dan para atlet saya tahu sudah bekerja keras untuk meningkatkan prestasinya,” tutur Jokowi seperti dilansir dari badmintonindonesia.org.

Lebih lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap tim Indonesia bisa bertanding secara sportif dan berjuang meraih medali. Secara pribadi ia yakin mereka bisa menghadirkan kebanggaan bagi publik tanah air.

“Semua kontingen sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara. Dan saya yakin Insya Allah perjuangan saudara-saudara akan berhasil,” lanjutnya.

Jokowi juga mengingatkan agar para atlet terus menjaga kesehatan dan fokus hingga datangnya hari pertandingan nanti.

“Oleh karena itu, hari-hari ini sampai ke puncak pertandingan agar jaga kesehatan, jaga stamina, jaga motivasi, dan fokus pada pertandingan juga fokus pada prestasi,” ucap Jokowi.

Sebagai kepala negara, Jokowi mengatakan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada para duta bangsa. Prestasi yang akan diraih akan menjadi kebanggaan bersama seluruh rakyat Indonesia. Ia mengatakan rakyat Indonesia setia menanti mereka kembali ke tanah air dengan membawa medali.

“Rakyat menaruh harapan besar pada saudara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita, Indonesia. Selamat menjalankan amanat berat ini, rakyat menunggu saudara-saudara kembali ke Tanah Air dengan membawa medali yang membanggakan.”

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya lepas kontingen Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Tokyo,” seru Jokowi yang disambut tepuk tangan kontingen.

Indonesia mengirimkan 28 atlet ke Olimpiade Tokyo 2020 yang 11 di antaranya dari cabang olahraga bulutangkis. Selain bulutangkis, tim Merah-Putih diisi atlet dari cabang atletik, angkat besi, panahan, menembak, dayung, selancar, dan renang.

Tim bulutangkis Indonesia akan lebih dulu berangkat ke Jepang untuk menjalani training camp di Prefektur Kumamoto. Mereka direncanakan terbang Kamis (8/7) malam mengguakan maskapai Japan Airlines dengan nomor penerbangan JL5012 pukul 23.15 WIB.

Selain 11 atlet yang akan berlaga di Olimpiade, lima pelatih siap mendampingi. Tim bulutangkis Indonesia juga memboyong sembilan orang tim pendukung yang terdiri dari manajer tim, atlet sparring, pelatih fisik, dokter, fisioterapis, dan masseur ke Kumamoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *