Indonesia Juara Umum Hylo Open 2022: Rehan/Lisa dan Ginting Raih Podium Pertama

Indonesia menorehkan hasil positif di Hylo Open 2022. Dua gelar berhasil dibawa pulang dari turnamen BWF World Tour Super 300 yang baru saja berakhir di Saarlandhalle Saarbruecken, Saarbruecken, Jerman, Senin (6/11/2022) dini hari WIB.

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati merebut podium utama ganda campuran, sedangkan Anthony Sinisuka Ginting berjaya di tunggal putra.

Rehan/Lisa mengalahkan pasangan China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping. Lawan yang dihadapi itu merupakan pemenang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dan juara dunia junior 2019 di Kazan, Rusia. Kombinasi senior-junior yang cukup menggetarkan lawan.

Namun, Rehan/Lisa tak gentar. Keduanya sanggup menggapai klimaks usai tampil konsisten sejak laga pertama. Kemenangan straight set 21-17, 21-15 sekaligus menjadi gelar World Tour Super 300 pertama bagi pasangan yang sama-sama berusia 22 tahun ini.

Sementara itu Anthony Sinisuka Ginting harus melewatkan pertandingan ketat nan mendebarkan menghadapi Chou Tien Chen.

Ginting sempat kehilangan gim pertama namun berhasil “comeback”. Di set penentuan, pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat itu sejatinya bisa menutup kemenangan dengan mudah.

Namun, pemain senior Taiwan itu menunjukkan semangat pantang menyerah. Ia bisa mengejar ketertinggalan dan membuat skor imbang 22-22. Sempat terjadi enam kali match point sebelum Ginting akhirnya menutup kemenangan dengan skor akhir 18-21, 21-11, dan 24-22.

Chou sempat merasa dirugikan oleh keputusan wasit di penghujung set ketiga, saat kedudukan 22-22. Ginting mengakui nasib yang dialami Chou sama sekali tak mengganggu konsentrasinya.

“Bagi saya, keputusan umpire tersebut tidak membuat saya terganggu,” beber Ginting melansir rilis PBSI.

Lebih lanjut, Ginting menyebut Chou pantas menunjukkan kekecewaan yang dalam, lantaran itu terjadi di poin kritis.

“Namun, itu memang momen yang kurang menguntungkan untuk Chou karena terjadi saat poin kritis. Saya pun pernah merasakannya hal seperti itu pada final Hong Kong Open lalu.”

Ginting mempersembahkan gelar tersebut untuk sang ibu.

“Pertama-tama saya mengucap syukur bisa bermain baik, menyelesaikan pertandingan tanpa cedera, da menjadi juara. Kemenangan ini secara spesial saya persembahkan untuk mama,” tandas pemain 25 tahun itu.

Tiga nomor lain sudah dikunci tiga negara berbeda sebelum pertandingan. Sebab, terjadi final rekan senegara. Thailand merebut gelar ganda putri, tunggal putri menjadi milik China, dan ganda putra menjadi milik Taiwan.

Berikut Hasil Lengkap Final Hylo Open 2022:

Zhang Yi Man (China) vs Han Yue (China) 18-21 dan 16-21

Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan (Taiwan) vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan) 11-21, 21-17, dan 25-23.

Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) vs Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) 18-21, 21-18, 17-21

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping 21-17 dan 21-15

Anthony Sinisuka Ginting vs Chou Tien Chen (Taiwan) 18-21, 21-11, dan 24-22.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *