Imbangi Tuan Rumah Spurs, Milan ke Perempat Final Liga Champions 2022/2023

AC Milan berhasil melewati hadangan Tottenham Hotspur di babak 16 besar Liga Champions Eropa. Hasil imbang di leg kedua yang digelar di Tottenham Hotspur Stadium pada Kamis, 9 Maret 2023 dini hari WIB lebih dari cukup meloloskan mereka ke perempat final.

Milan punya modal kemenangan satu gol tanpa balas saat menjamu Spurs di San Siro. Rossoneri berhak mendapatkan tiket perempat final dengan keunggulan agregat 1-0.

Sebagai tuan rumah, Spurs tentu bersemangat mengejar defisit gol. Tampil di hadapan pendukung sendiri armada Antonio Conte berjuang mencuri gol.

Namun, Milan bermain dengan penuh semangat dan menerapkan pertahanan rapat. Hal ini membuat para pemain Spurs kewalahan.

Ditambah lagi Spurs harus kehilangan Cristian Romero di menit ke-78. Pemain itu menerima kartu kuning kedua usai menjatuhkan Theo Hernandez. Tampil dengan 10 pemain Spurs tak mampu berbuat banyak di 10 menit terakhir pertandingan.

Pelatih Milan, Stefano Pioli senang dengan hasil tersebut. Ini menjadi bagian dari mimpi dan target mereka agar bisa berbicara banyak di level Eropa.

“Kami melakukannya dengan baik. Tim pelatih meminta tim bermain dengan karakter dan kami bisa menguasai bola pada paruh pertama,” beber Pioli.

Lebih lanjut, pelatih asal Italia itu menegaskan semangat pantang menyerah yang mereka peragakan sejak pertandingan pertama.

“Kami tidak pernah menyerah. Kami berhak lolos dilihat dari cara kami bermain dalam dua leg.”

Ia mengakui tidak mudah untuk berbicara banyak di kompetisi elite itu. Hanya saja mereka akan menempatkan segala sesuatu sesuai priortias.

“Sungguh luar biasa bisa bermain di Liga Champions, memuaskan dan penting bagi Milan. Jadi apakah kami memenangkannya, pasti tidak akan mudah, atau mencoba lolos dengan finis di empat besar Serie A.”

Ia tetap optimis segala sesuatu bisa terjadi di lapangan pertandingan. Setiap pengalaman, apa pun itu akan membantu mereka menjadi lebih baik.

“Tidak ada yang mustahil di olahraga. Jelas, hanya tim terbaik di Eropa yang tersisa dan setiap fase menjadi lebih sulit. Namun saya yakin bahwa semua pengalaman di Eropa, terutama yang negatif, membantu kami untuk naik level. Sekarang kami harus pergi ke perempat final dengan percaya diri,” pungkasnya.

Susunan pemain Tottenham Hotspur versus AC Milan:

Totenham Hotspur (3-4-2-1): Fraser Forster; Cristian Romero, Clement Lenglet, Ben Davies; Emerson Royal (70′ Richarlison), Oliver Skipp, Pierre-Emile Hojbjerg, Ivan Perisic (53′ Pedro Porro); Dejan Kulusevski (83′ Davinson Sanchez), Son Heung-Min; Harry Kane.

Pelatih: Antonio Conte

AC Milan (3-4-2-1): Mike Maignan; Pierre Kalulu, Malick Thiaw, Fikayo Tomori; Junior Messias (56′ Alexis Saelemaekers), Rade Krunic, Sandro Tonali, Theo Hernandez; Brahim Diaz (81′ Ismael Bennacer), Rafael Leao (89′ Ante Rebic); Olivier Giroud (81′ Divock Origi).

Pelatih: Stefano Pioli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *