Imbang di Kandang Zenit, Chelsea Gagal Jadi Juara Grup

Chelsea hanya bisa mendapat satu poin dalam lawatannya ke Krestovsky Stadium di matchday terakhir Grup H Liga Champions Eropa pada Kamis, 9 Desember 2021 dini hari WIB.

Hasil imbang 2-2 membuat The Blues hanya bisa membawa pulang satu angka. Tambahan satu poin tak cukup membuat Si Biru finis sebagai juara grup.

Chelsea pun harus puas lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up. Dengan tabungan total 13 poin dari enam laga, Chelsea tertinggal dua angka dari Juventus di urutan teratas.

Chelsea sebenarnya berpeluang membawa pulang poin sempurna. Sayangnya, keunggulan Chelsea buyar jelang bubaran.

Sepasang gol Chelsea dicetak oleh Timo Werner dan Romelu Lukaku. Pemain yang disebutkan pertama mencetak sepasang gol termasuk gol cepat di menit kedua.

Sementara itu, tuan rumah membalas melalui Claudinho menit ke-38, Sardar Azmoun di menit ke-41, dan Magomed Ozdoev di menit ke-90+4.

“Saya tidak akan tersinggung jika Anda membuat penilaian di sini bahwa para pemain saya tidak mendengarkan saya, yang menurut saya tidak begitu baik, tetapi saya menyerahkannya kepada Anda dan pendapat Anda,” beber Thomas Tuchel.

Pelatih Chelsea itu mengatakan timnya tak mampu menjaga konsistensi. Ia melihat perubahan sikap para pemain Chelsea usai memimpin.

“Analisis saya sangat jelas: perilaku kami berubah ketika kami memiliki keunggulan dan ini adalah sesuatu yang tidak pernah kami lakukan dan tidak boleh kami lakukan.”

“Dan itu sangat mudah (sebenarnya), kita membutuhkan tingkat sprint yang lebih tinggi, tingkat lari yang lebih tinggi, tingkat intensitas dan konsentrasi yang lebih tinggi. Dasar-dasar perlu didorong ke tingkat yang lebih tinggi saat kita memimpin.”

Pelatih asal Jerman itu kecewa dengan gol Zenit jelang bubaran. Ia pun mengaku tak merasa bahagia dengan hasil tersebut.

“Jika Anda adalah pelatih Chelsea dan kami telah kebobolan enam gol dalam dua pertandingan, memberikan keunggulan empat kali, maka ambisi saya untuk berbicara tentang penampilan individu tidak begitu tinggi. Tidak ada yang bisa bahagia hari ini, tidak ada.”

Susunan Pemain Zenit St Petersburg versus Chelsea:

Zenit St Petersburg (4-1-4-1): Mikhail Kerzhakov; Vyacheslav Karavaev, Dejan Lovren, Yaroslav Rakitskiy, Douglas Santos; Wilmar Barrios; Malcom, Daler Kuzyaev, Wendel, Claudinho; Sardar Azmoun.

Pelatih: Sergei Semak

Chelsea (3-4-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Malang Sarr; Reece James, Ross Barkley, Saul Niguez, Callum Hudson-Odoi; Mason Mount, Romelu Lukaku, Timo Werner.

Pelatih: Thomas Tuchel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *