Ibra Gagal Penalti, Milan Petik Poin Penuh untuk Amankan Puncak Klasemen

AC Milan sukses memetik hasil maksimal di pekan ke-20 Serie A Italia. Bertindak sebagai tim tamu, Rossoneri berhasil meraih kemenangan di Stadion Renato Dall’Ara yang merupakan kandang Bologna. Laga yang digelar pada Sabtu, 30 Januari 2021 malam itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Serigala Roma.

Sepasang gol Roma dicetak oleh Ante Rebic di menit ke-26 dan Franck Kessie dari titik penalti di menit ke-55. Sementara itu satu-satunya gol tuan rumah dilesatkan oleh Andrea Poi di menit kd-82.

Milan sebenarnya bisa mencetak gol tambahan andaisaja eksekusi penalti Zlatan Ibrahimovic tidak diblok kiper tuan rumah. Penalti itu diberikan sebelum Milan mencetak gol kedua. Tak heran kegagalan penalti tersebut membuat Ibrahimovic harus menyerahkan kesempatan kepada Kessie untuk mengeksekusi tendangan dua belas pas itu.

Terlepas dari hal ini, Milan pulang membawa tiga poin. Tambahan tiga angka membuat Milan kini mengemas total 46 poin untuk tetap mengamankan posisi puncak. Milan sementara ini memimpin lima angka dari rival terdekatnya yakni Inter Milan. Hanya saja Inter bepeluang memangkas jarak bila mampu memetik kemenangan di laga ke-20. Sementara itu Bologna masih tercecer di papan bawah, tepatnya di posisi ke-13 dengan tabungan total 20 angka.

Wartawan Calciomercato Daniel Longo memiliki analsisis tersendiri terkait sebab kegagalan Ibrahimovic mengeksekusi penalti. Dalam tulisannya ia mengatakan bahwa hal ini tidak lepas dari persoalan yang pernah dialaminya dalam derbi Milan. Sebagaimana diketahui, saat itu Ibrahimovic terlibat pertengkaran hebat dengan Romelu Lukaku di perempat final Coppa Italia.

Salah satu hal yang cukup menonjol dari pemain senior Swedia itu, menurut Longo, adalah egonya yang masih tinggi.

“Dalam lebih dari 20 tahun berkarier, Zlatan ibrahimovic telah mengedepankan egonya. Dorongan untuk selalu bekerja maksimal, untuk meningkat hari demi hari. Mencari tantangan baru dan rival baru.”

Menurut Longo sikap seperti itu ternyata tidak selalu positif. Ada saatnya akan menjadi bumberang baginya. Selama ini Ibrahimovic hampir menjadi eksekutor tunggal Milan. Ia mengambil alih lebih dari separuh penalti yang didapat klub asal kota mode itu.

“Dia melewatkan penalti keempat dari tujuh total kesempatan. Mungkin saja, berikutnya dia harus menyerahkan kepada penempak jitu seperti Franck Kessie.”

Susunan Pemain Bologna versus AC Milan:

Bologna [4-2-3-1]: Skorupski; Tomiyasu, Soumaoro, Danilo, Dijks [Palacio 79′], Schouten [Poli 79], Dominguez [Svanberg 67′]; Orsolini [Olsen 68′], Soriano, Sansone [Viganto 67′]; Barrow.

Pelatih: Sinisa Mihajlovic

AC Milan [4-2-3-1]: Gianluigi Donnarumma; Calabria, Tomori, Romagnoli, Theo Hernandez; Kessie, Tonali [Bennacer 62]; Saelemaekers, Leao [Mario Mandzukic 73′], Rebic [Krunic 62′]; Zlatan Ibrahimovic.

Pelatih: Stefano Pioli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *