Hadapi Girona di Laga Uji Coba Jadi Momen Pembuktian Koeman

Barcelona akan menjalani laga uji coba pada tengah pekan ini, tepatnya pada Kamis, 17 September 2020 dini hari WIB. Di laga ini Barcelona akan menghadapi Girona di Stadion Johan Cruyff.

Pertandingan ini menjadi kesempatan uji coba bagi pelatih baru Ronald Koeman yang baru saja menjadi pelatih utama tim yang bermarkas di Catalonia itu. Ini juga kesempatan bagi pria asal Belanda itu untuk mulai menjalankan rencananya, terkait komposisi skuad yang diinginkan.

Pertandingan ini juga menjadi pemanasan bagi Barcelona untuk menjalani musim baru. Setelah kehilangan gelar La Liga musim lalu yang jatuh ke tangan Real Madrid, Blaugrana tentu tidak ingin kembali kehilangan gelar tersebut.

Tidak hanya kembali menggapai supremasi di pentas sepak bola Spanyol, Barcelona juga harus bisa bangkit dari keterpurukan di pentas Liga Champions. Musim lalu Barcelona harus menanggung malu setelah dipermalukan Bayern Muenchen dengan skor 2-8 di babak perempat final.

Kekalahan itu berbuntut pada pemecatan Quique Setien dari kursi pelatih Barcelona. Pengangkatan Koeman sekaligus menimbulkan tanda tanya terkait masa depan para pemain senior Barcelona. Salah satunya adalah Luis Suarez.

Tandem Messi di lini depan ini dikabarkan tidak lagi menjadi pilihan utama bagi Koeman musim ini. Pemain itu pun santer dikaitkan dengan raksasa Serie A, Juventus.

Koeman mengatakan dirinya telah berbicara dengan Suarez untuk mencari jalan tengah. Namun ia tetap menghormati kontrak yang mengikat para pihak.

“Saya bicara dengan Luis pagi ini. Kita lihat saja nanti apakah ada jalan keluar untuknya atau tidak. Tapi kami menghormati kontrak dan sejak awal kami sudah bilang kalau dia jadi bagian dari skuad, maka dia akan jadi pemain kami.”

Selain berpeluang untuk mendepak Suarez, Barcelona diisukan akan melepas beberapa pemain lain seperti Arturo Vidal, Martin Braithwaite, Samuel Umtiti, Clair Todibo, Nelson Semedo, dan Rafinha.

Menjual beberapa pemain itu menjadi pilihan penting bagi Barcelona bila ingin mendatangkan pemain baru. Salah satu yang tengah diincar adalah Memphis Depay.

“Agar [Memphis] Depay tiba, kami harus menjual pemain dulu,” tandas Koeman.

Lima pertemuan terakhir kedua tim:

07/03/19: Barcelona vs Girona 0-1

27/01/19: Girona vs Barcelona 0-2

24/09/18: Barcelona vs Girona 2-2

25/02/18: Barcelona vs Girona 6-1

24/09/17: Girona vs Barcelona 0-3

Perkiraan starting line up Barcelona:

Barcelona: Norberto Murara Neto; Nelson Semedo, Gerrard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie De Jong, Miralem Pjanic; Lionel Messi, Ousmane Dembele, Coutinho; Antoine Griezmann

Pelatih: Ronald Koeman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *