Gol Pemain Debutan Spurs Sukses Benamkan Man City

Tottenham Hotspur sukses meraih hasil positif di pekan ke-25 Liga Primer Inggris. Pada pertandingan yang digelar di kandang sendiri di Stadion Tottenham Hotspur pada Minggu, 2 Februari 2020, Spurs berhasil membungkam tamunya Manchester City. Spurs mengalahkan sang juara bertahan dua gol tanpa balas.

Menariknya, satu dari dua gol tuan rumah dicetak oleh pemain debutan, Steven Bergwijn. Bergwijn mencetak gol pembuka di menit ke-63. Sementara itu satu gol lainnya dicetal oleh Son Heung-min di menit ke-71.

Kemenangan ini membuat Spurs berhak atas tiga poin. Peringkat tim besutan pelatih Jose Mourinho pun terdongkrak naik ke urutan kelima dengan raihan total 37 poin.

Sementara itu bagi City, kekalahan ini sungguh disesali. Gagal mendulang poin membuat mereka tak mampu memangkas jarak dengan Liverpool di puncak klasemen. Perolehan poin Manchester Biru tertahan di angka 51. Sementara itu Liverpool semakin nyaman di puncak klasemen dengan keunggulan 22 poin.

Sekalipun tampil di kandang sendiri, tidak mudah bagi Spurs untuk mengembangkan permainan. Tuan rumah juga kesulitan untuk menciptakan peluang. Sementara itu City mencoba memanfaatkan dominasinya untuk mencuri gol. Namun tak ada gol tercipta hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Spurs berusaha memanfaatkan momentum saat tim tamu harus bermain dengan 10 pemain setelah Oleksandr Zinchenko harus menerima kartu kuning kedua di menit ke-60. Kekurangan satu pemain sangat mempengaruhi performa City.

Sementara itu Spurs berhasil memanfaatkan situasi ini untuk mencuri gol. Menit ke-63, Bergwijn berhasil menggetarkan gawang City usai menuntaskan umpan terukur Lucas Moura. Kurang dari 10 menit kemudian gawang City kembali bobol. Kali ini giliran Son Heung-min yang mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakan mendatarnya tak mampu digagalkan kiper tim tamu, Ederson Moraes.

Kekalahan ini tentu menjadi pukulan bagi City. Sebagaimana dikatakan pelatih City, Pep Guardiola, ia sampai harus mengurung para pemain di ruang ganti usai pertandingan.

“Saya bicara kepada staf dan istri saya dan beberapa pemain. Dengan performa ini, akan jadi kesalahan besar kalau bilang betapa buruknya mereka,” beber Guardiola.

“Kami kalah. Kami main bagus tapi kalah, ini terjadi lagi. Dan mereka punya dua (peluang) dan bikin dua gol. Tak banyak yang bisa saya katakan soal performa ini, tapi ini adalah soal berapa banyak gol yang Anda buat dan berapa banyak kebobolan,” sambung mantan pelatih Barcelona itu.

Susunan pemain Tottenham versus Manchester City:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 24-Serge Aurier, 4-Toby Alderweireld, 6-Davinson Sanchez, 39-Japhet Tanganga; 8-Harry Winks, 18-Giovanni Lo Celso; 8-Dele Alli (Tanguy Ndombele 70′), 23-Steven Bergwijn (Erik Lamela 70′), 7-Son Heung-min, 27-Lucas Moura (Eric Dier 84′)

Pelatih: Jose Mourinho

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson Moraes; 2-Kyle Walker, 30-Nicolas Otamendi, 25-Fernandinho, 11-Oleksandr Zinchenko; 16-Rodrigo, 8-Ilkay Guendogan, 17-Kevin de Bruyne; 26-Riyad Mahrez (Gabriel Jesus 72′), 7-Raheem Sterling (Bernardo Silva 84′), 10-Sergio Aguero (Joao Cancelo 64′)

Pelatih: Pep Guardiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *