Gantikan Lorenzo, Alex Akan Bertandem dengan Marc Marquez di Repsol Honda

Tidak butuh waktu lama bagi Repsol Honda untuk mendapatkan pengganti Jorge Lorenzo untuk melengkapi kekuatan tim tersebut di MotoGP tahun depan. Menyusul pensiunnya Lorenzo, pabrikan asal Jepang itu patut mencari tandem Marx Marquez.

Dalam keterangan resminya, Repsol Honda telah menunjuk adik Marc Marquez untuk mengisi posisi sebagai pebalap utama, alih-alih Johann Zarco dan Cal Crutchlow yang juga ramai diberitakan sebelumnya. Dengan demikian ini menjadi catatan tersendiri bagi Alex yang baru saja mengklaim gelar juara dunia Moto2 2019, mengikuti jejak sang kakak yang menjadi juara dunia di kelas utama.

Tidak hanya akan meramaikan MotoGP, keberadaan Alex pun menorehkan catatan tersendiri bagi keduanya. Ini untuk pertama kali mereka bertandem di tim yang sama dan di kelas yang sama. Alex yang baru berusia 23 tahun, atau tiga tahun lebih muda dari Marc, akan melengkapi kekuatan Repsol Honda musim depan.

“Honda Racing Corporation dengan gembira mengumumkan perekrutan juara dunia dua kali Alex Marquez. Pebalap muda Spanyol akan bergabung di Repsol Honda dengan satu tahun kontrak,” demikian pernyataan resmi HRC seperti dilansir Crash.Net.

Lebih lanjut dalam pernyataan tersebut dikatakan Alex akan naik ke kelas utama sekaligus menjadi debutnya di kelas tertinggi tersebut. Honda mengikat Alex dengan kontrak selama satu musim.

“Dia akan naik ke kelas utama untuk jadi rekan peraih delapan gelar juara dunia Marc Marquez tahun 2020 pada debutnya di kelas utama.”

Pihak Honda tentu memiliki alasan tersendiri memilih Alex ketimbang beberapa kandidat potensial lainnya seperti Johann Zarco dan Cal Crutchlow. Sebagaimana dikatakan Alberto Puig, Manajer tim Repsol Honda, penunjukkan tersebut semata-mata karena alasan kemampuan. Tidak ada kaitan dengan relasi personal.

Selain karena telah membuktikan diri di kelas Moto2, Alex dinilai memiliki potensi untuk berkembang dan bukan tidak mungkin akan berprestasi seperti sang kakak.

“Juara di Moto2, inilah yang menjadi titik pertimbangan kami untuk merekrutnya. Apalagi Alex juga masih muda dan bisa berpotensi untuk ke depannya. Jadi tahun depan mereka akan menjadi saudara dan saingan di lintasan,” beber Puig.

Berikut line up lengkap MotoGP 2020:

Aprilia Racing Team Gresini
Andrea Iannone
Aleix Espargaro

Ducati Team
Andrea Dovizioso
Danilo Petruci

Pramac Racing
Jack Miller
Francesco Bagnaia

Avintia Racing
Karel Abraham
Tito Rabat

LCR Racing
Takaaki Nakagami
Cal Crutchlow

Repsol Honda Team
Marc Marquez
Alex Marquez

Red Bull KTM Factory Racing
Pol Espargaro
Brad Binder

Red Bull KTM Tech 3
Iker Lecupna
Miguel Oliveira

Team SUZUKI ECSTAR
Joan Mir
Alex Rins

Monster Energy Yamaha MotoGP
Maverick Vinales
Valentino Rossi

Petronas Yamaha SRT
Fabio Quartararo
Franco Morbidelli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *