Dybala Aktor Kemenangan Serigala Roma Atas Real Sociedad

Paulo Dybala menjadi sosok kunci di balik kemenangan AS Roma atas Real Sociedad di leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2022/2023.

Pertandingan yang digelar di Stadio Olimpico pada Jumat, 10 Maret 2023 dini hari WIB berakhir dua gol tanpa balas untuk kemenangan tuan rumah.

Sepasang gol Serigala Roma dicetak oleh Stephan El Shaarawy di babak pertama dan Marash Kumbulla di babak kedua.

Gol pertama di menit ke-13 berawal dari umpan terukur Tammy Abraham yang diselesaikan El Shaarawy dengan sempurna.

Di babak kedua, tuan rumah menggandakan keunggulan di menit ke-87 melalui sundulan Kumbulla meneruskan sepak pojok yang dikirim Paulo Dybala.

Roma pun berpeluang besar lolos ke babak perempat final. Tim besutan Jose Mourinho itu hanya butuh hasil seri di leg kedua yang akan digelar di kandang Sociedad.

Sebaliknya, Sociedad harus mengejar defisit dua gol. Kemenangan dengan selisih lebih dari dua gol adalah syarat mutlak bagi klub Spanyol itu untuk melaju.

“Saya suka organisasi permainannya, upaya, juga empati di lapangan. Kami semua saling membantu satu sama lain,” beber Mourinho.

Pelatih asal Portugal itu senang dengan semangat dan mental para pemainnya. Dalam situasi tertekan mereka menunjukkan mental yang kuat untuk menahan gempuran dan berbalik menyerang.

“Kami butuh mentalitas kuat, sebab ketika Anda tak banyak menguasai bola, mentalitas adalah kunci. Kami mengontrol laga meski lebih sedikit menguasai bola.”

Mantan juru taktik Inter Milan, Chelsea, dan Manchester United itu menegaskan betapa pentingnya gol kedua. Gol itu menjadi pemungkas.

“Gol kedua itu penting dan kami mencetaknya pada titik ketika kami bisa menangani pertandingan. Hasil ini cuma bagus kalau kami tak kebobolan tiga gol di sana. Saya tak akan pernah bilang ini hasil yang bagus setelah baru leg pertama,” pungkasnya.

Susunan pemain AS Roma versus Real Sociedad:

AS Roma: Rui Patricio; Gianluca Mancini, Chris Smalling, Diego Llorente (Marash Kumbulla 46′); Rick Karsdorp, Bryan Cristante, Nemanja Matic, Stephan El Shaarawy (Leonardo Spinazzola 60′); Paulo Dybala (Edoardo Bove 88′), Lorenzo Pellegrini (Georginio Wijnaldum 60′); Tammy Abraham (Andrea Belotti 61′).

Pelatih: Jose Mourinho.

Real Sociedad: Alex Remiro; Andoni Gorosabel (Alex Sola 83′), Igor Zubeldia, Robin Le Normand, Diego Rico; Mikel Merino, Martin Zubimendi, Asier Illarramendi (Brais Mendez 75′); David Silva (Benat Turrientes 83′), Takefusa Kubo (Mohamed-Ali Cho 75′); Alexander Sorloth (Mikel Oyarzabal 67′).

Pelatih: Imanol Alguacil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *